5 Tips dari Nina Hamidah ini Bakalan Bikin Kamu Pede Maksimal saat Tampil di Depan Umum

Hilangin grogi dan kurang percaya diri saat akan tampil di depan umum




Setiap orang ingin tampil sempurna dalam hidupnya, termasuk juga saat akan tampil di depan umum. Tapi, tidak semua orang punya kemampuan untuk itu. Masalah terbesar yang sering dihadapi oleh banyak orang saat akan tampil di depan umum adalah hilangnya rasa percaya diri (Pede) yang mengakibatkan pikiran menjadi tegang sehingga fokus menjadi hilang.

Kamu pernah ngerasain tiba-tiba keluar keringet dingin atau tiba-tiba badan gemetar atau mungkin yang lebih parah tiba-tiba pingsan saat kamu akan tampil di depan umum? Itu adalah akibat dari hilangnya rasa percaya diri tadi. Hmmmm, tenang aja, itu hal yang normal kok. Tapi ingat, itu harus dilawan. Caranya gimana?

Okeee, kali ini aku akan membagikan beberapa tips yang bakalan bikin kamu tetap Pede saat akan tampil di depan umum. Nih 5 Tips dari Aku yang bikin kamu Pede Maksimal.

1. Berdoa

Sebagai manusia, kita harus memohon doa kepada Tuhan agar kita diberi kemudahan dalam menjalankan segalanya. Simpel sih, tapi efeknya besar banget, apalagi buat tingkatin rasa Pede kamu. So, inget ya, apapun yang kamu lakukan, selalu awali dengan berdoa.

2. Positive Thinking

Tips yang kedua dari aku adalah selalu berpositive thinking dan yakin sama kemampuan diri sendiri. Ingat, setiap manusia punya kelebihan masing-masing, tunjukkan kelebihan yang kamu miliki dan lawan semua rasa malu dan grogi. Karena percayalah, orang-orang yang akan melihat kamu hanya akan fokus pada kelebihan kamu.

3. Kontrol Pernafasan

Hmmmmm, salah satu akibat dari hilangnya rasa percaya diri dan grogi adalah jantung berdegup kencang, istilah kerennya deg2an banget deh. Cara mengatasinya cukup dengan melakukan kontrol pernapasan, tarik nafas sedalam-dalamnya kemudian hembuskan, lakukan terus sampai deg2an kamu mereda.

4. Kontak Mata

Ketika kamu berada di depan umum, semua mata pasti tertuju padamu. Usahakan untuk melakukan kontak mata dengan para audience, percayalah ini akan meningkatkan perasaan “trusted” dari audience tersebut kepada dirimu, karena mereka menganggap kamu sedang memperhatikannya.

5. Menguasai Materi

Okee, Tips terakhir dari aku adalah penguasaan materi. Ingat, persiapkan segala hal secara matang termasuk materi yang akan disampaikan kepada orang banyak, artinya kita harus bisa pahamin dan mengerti materi-materi yang akan kita sampaikan kepada para audience kita.

Okee, itu tadi 5 Tips agar kamu tetap Pede saat tampil di depan umum, terus semangat dan putus asa ya, nantikan tips-tips dari Nina Hamidah lainnya. Good Luck 🙂

Terus belajar, selalu semangat dan tetap percaya diri.







2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *