7 Fenomena yang Hanya Terjadi Saat Bulan Ramadhan




Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinantikan. Ngangenin aja gitu. Rasanya pengen selalu bisa bertemu dengan bulan ini setiap tahunnya. Nah, berdasarkan hasil pengamatan Caper.ID, ternyata ada 7 fenomena yang hanya terjadi saat Bulan Ramadhan. Check this out!

1. Masjid Ramai

Sebelum ramadhan, masjid sepi bagai tak berpenghuni. Namun saat ramadhan tiba, masjid mendadak dipenuhi oleh banyak manusia. Apalagi saat tarawih pertama, teras masjid pun pasti penuh, tuh. Biasanya yang paling excited sih anak-anak kecil, karena tujuan mereka ke masjid nggak cuma buat ibadah, tapi buat main-main juga sama temen-temennya. Saat orang dewasa berusaha lari dari kenyataan, anak-anak kecil itu malah lari di halaman masjid. Belum lagi kalau mereka main petasan. Ganggu banget! Lebih ngeganggu daripada mantan yang sering neror tengah malam. Nggak cuma dipenuhi orang-orang yang ibadah dan anak kecil yang main-main, di luar pagar masjid juga biasanya dipenuhi sama abang-abang yang jualan makanan dan mainan. Bagaimana pun juga, seharusnya kita ke masjid dengan tujuan beribadah. Jangan sampai kita ke masjid karena pengen main-main atau pengen jajan. Ya, nggak? Oh ya, fenomena masjid ramai ini sih biasanya nggak berlangsung lama. Sepuluh hari pertama, biasanya masjid penuh. Sepuluh hari kedua, bagian dalam masjid masih penuh, tapi terasnya udah mulai sepi. Sepuluh hari ketiga, cuma tersisa dua shaf aja. Ke mana nih orang-orang? Ternyata hobi dari kebanyakan manusia adalah bosenan dan ilang-ilangan.

2. Ngabuburit

Ngabuburit adalah istilah dalam bahasa Sunda yang artinya menunggu waktu maghrib. Tapi istilah ngabuburit ini sudah dipakai oleh masyarakat se-Indonesia dan diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa. Saat ramadhan, walaupun hati para jomblo sepi, tapi jalanan di sore hari makin ramai. Biasanya mereka ngabuburit dengan berbelanja, jalan-jalan, atau sekedar berburu takjil. Ada juga lho ngabuburit yang aduhai dan berpahala, misalnya ngabuburit sekaligus berbagi bareng anak-anak panti asuhan atau membagikan takjil gratis di jalanan.

3. Laper Mata

“Pokoknya nanti mau buka puasa pake opor ayam, kepiting saus tiram, cah kangkung, puding, gorengan, sama es rumput laut.” Akhirnya semua makanan itu pun dibeli dengan senang hati. Adzan maghrib pun berkumandang. Minum segelas air putih sama gorengan 2 biji, eh malah kenyang. Kemudian nyesel udah beli banyak makanan. Tapi susah amat ya kapoknya. Besok terulang lagi kejadian yang sama. Makanya, jangan laper mata. Beli aja makanan seadanya, jangan sampai makanan yang udah dibeli malah sia-sia. Mending makanannya dibagi ke orang yang membutuhkan. Ya, kan?

4. Buka Bareng (Bukber)

Ini sih agenda wajib tiap kali ramadhan. Bahkan berbulan-bulan sebelum ramadhan pun biasanya udah ada tuh yang merencanakan untuk buka bareng. Temen yang udah lama nggak ngehubungi, tiba-tiba ngechat dan ngajak bukber. Mantan yang udah lama ngilang, tiba-tiba ngechat dan ngajak balikan *loh?* Pokoknya saat ramadhan, ajakan untuk buka bareng terus berdatangan. Walaupun terkadang ekspektasi nggak sesuai dengan kenyataan. Sebelum hari-H, yang sanggup ikutan buka bareng 20 orang. Eh, pas hari-H, mulai muncul beragam alasan. Ada yang beralasan sakit, nggak ada duit, tiba-tiba berhalangan, dan malah ada yang beralasan nggak mau keluar karena takut ketinggalan nonton Uttaran. Ujung-ujungnya cuma 3 orang yang ikutan.

5. Makin Hobi Belanja

Lebaran masih lama, tapi semangat banget ya ngeliatin barang-barang di online shop. Kemudian tergoda untuk beli baju, sepatu, tas, atau alat make up. Begitu juga kalau lagi belanja ke mall. Biasanya waktu ramadhan dan menjelang lebaran, bakal ada diskon besar-besaran. Makin tersalurkan deh hobi belanjanya. Walaupun lagi puasa, keliling mall seharian bukanlah suatu perkara bagi mereka yang hobi belanja.

6. Membuat Kue Lebaran

Menjelang lebaran, penjualan bahan kue bakal meningkat drastis. Membuat kue lebaran adalah salah satu momen yang ngangenin dan ditunggu banyak orang. Kapan lagi seharian di dapur bikin kue bareng ibu atau saudara. Asal jangan curi-curi kesempatan buat nyicipin kuenya sebelum waktu berbuka puasa, ya.

7. THR

Salah satu hal yang disukai oleh (hampir) seluruh umat manusia adalah THR (Tunjangan Hari Raya). Biasanya seminggu sebelum lebaran, anak-anak yang masih sekolah bakal dapet THR dari orang tua atau keluarga lainnya. Kalau buat orang yang udah kerja, bakal dapet THR dari kantornya. Buat mahasiswa? Hm, sabar aja, ya. Semoga ada keluarga yang berbaik hati ngasih Tunjangan Hari Raya.

Nah, gimana menurut sobat Caper, apakah sobat merasakan 7 fenomena ini juga? Atau mungkin ada fenomena lainnya yang hanya terjadi saat Bulan Ramadhan? Silakan dishare.

Hello my name is Eva Dina Lathifah, S.Pd. Seorang penulis dan blogger yang suka menyanyi. Pernah menulis buku antologi berjudul Asem Manis Cinta







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *