7 Hal yang Harus Kamu Tinggalkan di Tahun 2017, Demi Tahun 2018 yang Lebih Baik

Banyak kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari telah merusak pola hidup kamu

Your Best Online Partner

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata Tahun Baru? Party, jalan-jalan, shopping, pesta kembang api, dan banyak hal mainstream lainnya, atau mungkin membuat refleksi, membuat cita-cita dan to do list di tahun 2018 mendatang? Ya, banyak hal baik yang kamu lakukan, tapi banyak yang lupa, untuk menuju hidup yang lebih baik, sepatutnya kita belajar dari kesalahan yang telah kita perbuat.

So, menurut mimin, untuk dapat mencapai hidup yang berkualitas dan lebih baik di tahun 2018, maka sebaiknya kamu membuat daftar, hal-hal apa saja yang harus ditinggalkan di tahun 2017, atau kebiasaan-kebiasaan yang ternyata merusak pola hidup kamu di tahun 2017.

Oke, kali ini mimin akan membuat daftar 7 hal yang harus ditinggalkan di tahun 2017 demi kehidupan di tahun 2018 yang lebih baik versi mimin. Terserah kalian apakah setuju atau tidak.

1. Membandingkan diri Kamu Dengan Orang-Orang di Media Sosial

Taukah kamu, jika diperhatikan, apa hal yang kamu lakukan terakhir kali sebelum tidur dan juga pertama kali saat membuka mata di pagi hari? Sebagian besar adalah mengecek Smartphone dan membuka Media Sosial bukan? Zaman sekarang hal itu adalah normal, tapi banyak juga di antara mereka yang terpengaruh dengan kehidupan orang lain karena Media Sosial.

Satu hal yang harus diingat, Media Sosial adalah bagian dari dunia maya yang tidak nyata. Sebagian besar dari apa yang Anda lihat di media sosial sama sekali bukan representasi akurat dari kehidupan nyata.

Pasti kamu akan merasa iri ketika melihat teman Media Sosial kamu sedang memamerkan foto perjalanan wisata yang sangat menyenangkan. Selfie dengan latar belakang obyek wisata yang begitu luar biasa indahnya. Namun, taukah kamu ketika dia sedang mengecek isi dompet yang menipis? Atau ketika dia sedang berhadapan dengan sesuatu yang tidak mengenakkan? Tentu saja tidak. So, masih ingin membandingkan diri dengan orang di media sosial?

2. Menghabiskan Waktu Sepanjang Hari dengan Duduk

Oke, jika kamu merasa tahun 2017 sudah kamu habiskan dengan banyak duduk di sebuah kursi, maka di tahun 2018 sudah saatnya bagi kamu untuk bergerak. Menghabiskan waktu dengan duduk menyimpan banyak makna, bisa jadi kamu menghabiskan waktu dengan gadget sepanjang waktu, atau melamun sepanjang malam.

Duduk dalam waktu yang lama sangat tidak baik untuk kesehatan. So, ini adalah kebiasaan yang tidak baik untuk dipertahankan di tahun 2018 nanti.

3. Menganggap Kata “Sibuk” Sebagai Status yang Terhormat

Kata-kata sibuk memang selalu disematkan kepada orang yang tidak punya waktu, menghabiskan hari-hari mereka dengan bekerja. Tapi, apakah ini baik? Tentu saja, bagi sebagian orang, kesibukan dianggap sejajar dengan penghasilan yang didapatkan, namun kenyataannya? Orang sibuk dengan rutinitas yang tidak perlu, mengapa demikian? Banyak orang sibuk dengan sesuatu yang seharusnya tidak membuat mereka sibuk. Contohnya seperti mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas yang telah ditunda berhari-hari.

But, kata sibuk sendiri selalu menjadi status yang terhormat bagi banyak orang. Bagi kamu yang selalu menggunakan status sibuk baik di Media Sosial ataupun dimanapun, cobalah untuk menghapus itu semua di tahun 2017. Karena akan terjadi pergeseran makna kata sibuk, dari orang yang memang sedang bekerja keras, menjadi orang yang tidak pernah punya waktu.

4. Suka Menunda Sesuatu

Ketika alarm berbunyi, yang terjadi adalah kamu terbangun dari tidur, lalu melihat jam kemudian mematikan alarm dan kembali tidur untuk beberapa menit ke depan. Hmmm, ini adalah contoh buruk. Alarm kamu setting agar jam biologis dalam tubuh kamu dapat terpola dengan baik, tapi malah kamu kacaukan sendiri. Ini adalah sebuah kebiasaan yang harus dihilangkan, karena kamu akan termasuk orang yang suka menunda-nunda.

Buatlah komitmen dalam diri, tidak akan menunda apapun walaupun hanya semenit saja. Karena menunda-nunda adalah kebiasaan buruk yang tumbuh akibat meremehkan hal-hal kecil seperti alarm tadi. Di tahun 2018 ini, bertekadlah untuk tidak menunda apapun.

5. Teman yang Selalu Membuat Perasaan Kamu Menjadi Buruk

Dalam hidup kita seharusnya mencari teman sebanyak-banyaknya. Seperti pepatah yang mengatakan seribu teman tidaklah cukup, tapi satu musuh sudah terlalu banyak. Tapi, apakah kamu harus mempertahankan teman yang selalu membuat perasaan kamu menjadi buruk?

Teman semacam ini tidak perlu dimusuhi, tapi sebaiknya kamu hindari dan sebisa mungkin berhentilah untuk berhubungan dengannya, mengapa? Karena dia akan menjadi penghambat bagi kamu.

6. Tidur dan Bangun dengan Smartphone di Dekat Kamu

Ini seperti nomor satu, ada banyak hal buruk yang akan kamu dapati jika sepanjang hari kamu “mewajibkan” diri sendiri untuk selalu dekat di smartphone. Selain alasan kesehatan, hal ini juga akan mengakibatkan ketergantungan secara psikologis yang akan buruk untuk masa depan kamu.

Ada terlalu banyak informasi yang tidak pantas dan bersifat buruk untuk kamu konsumsi, sehingga cobalah untuk berhubungan dengan smartphone seperlunya saja dan tidak menjadikannya sebagai teman setia saat kamu tidur dan bangun.

7. Berpikir Bahwa Kesempurnaan adalah Kebahagiaan

Oke, satu hal lagi yang harus kamu tinggalkan di tahun 2017 ini demi tahun 2018 yang lebih baik adalah anggapanmu bahwa kesempurnaan adalah sebuah kebahagiaan bagi kamu. Yakinlah, kesempurnaan hanyalah ilusi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ketidaksempurnaan adalah manusiawi, bagaimana cara kamu menyikapi ketidaksempurnaan adalah kunci dari kebahagiaan.

Manusiawi juga seorang manusia ingin mendapatkan apa yang diinginkan, namun percayalah, itu hanyalah godaan nafsu yang bersifat unlimited, atau tidak akan pernah terpuaskan. So, hiduplah sederhana dan bersahabatlah dengan ketidaksempurnaan yang kamu miliki saat ini.

Itulah tadi 7 hal yang harus ditinggalkan di tahun 2017 ini, agar hidup kamu menjadi lebih baik di tahun 2018 nanti. Setuju?

Yakinlah, kesempurnaan hanyalah ilusi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ketidaksempurnaan adalah manusiawi, bagaimana cara kamu menyikapi ketidaksempurnaan adalah kunci dari kebahagiaan.

Reference:
http://positivepsychology.org.uk
https://greatist.com

Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *