7 Tips ini Bikin Kamu Fokus dalam Mengerjakan Tugas

Kalau udah gak fokus, apapun yang kamu kerjakan bakalan berantakan




Bagi remaja zaman sekarang, fokus untuk mengerjakan tugas itu sama aja kayak berusaha ngelupain mantan; SUSAH. Mau nyentuh buku pelajaran aja butuh perjuangan. Betah banget males-malesan seharian. Badan sama kasur berasa dilem pake lem super. Males Gerak a.k.a MAGER.

Saat buku pelajaran udah di tangan, eh tiba-tiba hp bunyi, ada notif BBM. Kelar bales BBM, eh masuk notif Instagram. Selesai ngurus Instagram, tangan gatel pengen stalking timeline mantan. Ujung-ujungnya Bawa Perasaan a.k.a BAPER.

Baper menyebabkan laper. Akhirnya sebelum ngerjain tugas, makan dulu sampai kenyang. Kelar makan, malah ngantuk dan akhirnya ketiduran.

Lah, terus tugasnya gimana? Ujung-ujungnya malah dikerjain di sekolah keesokan harinya.

Kamu pernah kan mengalami hal di atas? Itulah yang kebanyakan terjadi sekarang. Siklus hidup remaja saat ini adalah: MAGER – BAPER – LAPER. Kalau gitu terus, hidupmu bisa berantakan. Kamu harus belajar untuk fokus dan mengerjakan tugas tepat waktu. Percaya deh, ini adalah langkah awalmu untuk bisa sukses di masa depan.

Kali ini Caper.id akan membagi tips agar kamu bisa mengerjakan tugas dengan fokus dan tepat waktu. Check this out!

1. Pastikan Kamu Tidak Lapar Saat Mengerjakan Tugas

Kebayang kan, pas kamu mengerjakan tugas, tapi perutmu protes karena lapar? Ngerjain tugas jadi nggak konsen, trus maag-mu kambuh, akhirnya kamu dibawa ke UGD, dan diopname di rumah sakit *oke, ini berlebihan, lol* Ketika kamu makan, artinya kamu telah memberikan asupan glukosa ke dalam tubuhmu. Glukosa bisa membantu otakmu untuk tetap fokus. Maka ketika kamu sudah makan, kamu dapat mengerjakan tugas dengan tenang.

2. Matikan Smartphone

Sekedar informasi, menurut penelitian, dalam sehari kita bisa membuka smartphone sampai 159 kali. Bahkan orang Indonesia yang memiliki kecepatan internet standar, mampu membuka youtube selama 8 jam dalam sehari. Smartphone dan social media adalah bentuk gangguan yang paling mengerikan. Kita sering gagal fokus karena ada telpon masuk, chat-chat dari grup, atau hanya sekedar ngecek timeline Instagram. Padahal kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya nggak begitu penting dan nggak ada hubungannya dengan tugas yang akan kamu kerjakan. Kalaupun kamu bekerja melalui gadget, kamu harus hati-hati agar fokusmu tidak terdistraksi dengan game ataupun socmed.

3. Gunakan Kursi yang Nyaman dan Selingi dengan Berdiri

Semakin nyaman kursi belajarmu, semakin nyaman juga proses belajarmu. Kamu nggak akan terganggu dengan pantat yang keram karena kelamaan duduk atau punggung yang sakit karena sandarannya nggak nyaman. Ini lah alasan mengapa para pimpinan perusahaan menggunakan kursi yang nyaman untuk menunjang produktivitas kerja mereka. Tapi ingat, selingi duduk kalian dengan berdiri, ya. Misalnya kamu duduk selama 25 menit, kamu boleh istirahat sambil berdiri selama 5 menit.

4. Buat To Do List

Buat daftar singkat tentang apa yang akan kamu kerjakan. Jangan mengerjakan sesuatu di luar list.
Misalnya :

  • Kerjakan tugas Matematika
  • Cari artikel Biologi
  • Buar ringkasan materi Sosiologi

Maka, saat waktunya bekerja, jangan melakukan hal lain selain 3 list di atas. Tahan dirimu untuk tidak menyentuh hal lain jika sudah memulai mengerjakan tugas.

5. Bersihkan Meja Belajarmu

Meja belajar yang bersih membantumu berpikir jernih. Rutinlah merapikan meja belajarmu dan singkirkan sampah dan barang-barang yang menumpuk. Selain itu, pastikan posisi meja, kursi, dan lampu nyaman untuk membuat belajar.

6. Berikan Reward Jika Kerjaanmu Selesai

Hal ini penting untuk membuatmu semakin semangat. Karena saat mengerjakan tugas, kamu nggak boleh mengerjakan yang lain. Maka setelah mengerjakan tugas, kamu boleh melakukan hal-hal menyenangkan seperti bermain PS atau nonton Drama Korea. Pemberian reward ini dimaksudkan biar kamu punya trigger untuk mencapai goals yang ingin kamu raih.

7. Berdo’a

Yang terpenting adalah berdo’a. Kalau kamu muslim, sebelum belajar atau mengerjakan tugas, berwudhulah terlebih dahulu. Kemudian bacalah do’a, agar apa yang kamu kerjakan mendapat berkah dari Allah SWT. Kalian pasti hafal do’a belajar, kan?

Nah, itulah 7 tips agar kamu fokus mengerjakan tugas. Semoga kamu bisa fokus dalam mengerjakan tugas ya, Caper. Semangat!

Hello my name is Eva Dina Lathifah, S.Pd. Seorang penulis dan blogger yang suka menyanyi. Pernah menulis buku antologi berjudul Asem Manis Cinta







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *