8 Kebiasaan Unik yang Hanya Akan Kamu Temukan Pada Kebudayaan Tertentu

Salah satunya ada yang diterapkan di Indonesia

Your Best Online Partner

Dunia ini dipenuhi oleh berbagai jenis suku bangsa dan negara serta kebudayaan yang unik dan dinamis. Tradisi dan adat istiadat ini telah menyebar ke seluruh masyarakat lokal hingga luar negeri. Ada yang unik karena menyenangkan, tapi ada pula beberapa yang mungkin akan mengejutkan kamu. Berikut ini 10 kebiasaan unik dari berbagai kebudayaan di berbagai negara di dunia.

1. Taarof


Kebiasaan ini memang bisa dibilang cukup unik, mengapa? Ya, karena kebiasaan yang biasa dipraktekkan di Iran ini menunjukkan rasa hormat yang tidak lazim dan sedikit mengandung unsur “berbohong”. Contohnya adalah seorang pemilik toko yang menolak bayaran barang belanja dari seorang pembeli. Sikap menolak itu akan dilakukan berkali-kali untuk menunjukkan rasa hormat kepada pembeli hingga akhirnya si pemilik toko menerima pembayaran tersebut. Untuk orang asing, kebiasaan ini akan sangat membingungkan.

2. Mano Po


Kebiasaan ini sebenarnya sudah lazim di Indonesia. Kebiasaan yang mulanya berasal dari China dan kemudian terbawa hingga ke Filipina, Malaysia dan juga Indonesia ini adalah sikap tubuh yang menunduk serta menekan dahi jika berhadapan pada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.

3. Bayanihan

Tradisi memindahkan rumah di Filipina. Photo By: bayanihanartscenter.org

Kebiasaan yang berasal dari budaya di Filipina ini cukup unik. Bayanihan berarti pindah rumah, namun ini adalah arti secara harfiah yaitu memindahkan rumah beserta isinya. Haah? Ya, jangan heran, kebiasaan ini terjadi di Pedesaan-Pedesaan di Filipina, orang-orang akan berkumpul untuk membantu mengangkat rumah yang umumnya terbuat dari bahan-bahan ringan seperti bambu. Biasanya ini dilakukan apabila ada tetangga atau orang yang terkenal baik di suatu desa akan pindah ke lokasi yang baru.

4. Henna Weddings

Tradisi melukis bagian tubuh sebelum upacara perkawinan. Photo by: www.huffingtonpost.com

Kebiasaan yang juga merupakan tradisi yang sudah terjadi selama berabad-abad, dimana seseorang yang akan menikah khususnya si gadis akan melalui sebuah ritual. Ritual ini dilakukan 2 malam sebelumnya, yaitu si gadis akan berkumpul dengan para keluarga. Mereka akan melukis di tangan, lengan, dan kaki si gadis yang melambangkan bahwa gadis tersebut akan menjadi wanita yang seutuhnya.

5. Mudras

Gerakan tangan pada tradisi mudras. Photo by: emmanewlynyoga.com

Mudra adalah sebuah isyarat yang unik yang pada umumnya untuk budaya Hindu dan Buddha. Tak kurang dari 500 isyarat yang ditunjukkan dengan gerakan atau sebuah tanda yang dibentuk menggunakan jari mereka. Gerakan ini diyakini memungkinkan individu mengendalikan aliran prana, atau energi kehidupan, dan memusatkan perhatian mereka ke arah tujuan tertentu. Isyarat ini dapat dilihat pada patung, lukisan, tarian, drama, yoga, dan teknik meditasi.

6. Datang Terlambat

Budaya datang terlambat

Dalam beberapa kasus, datang terlambat adalah sebuah kebiasaan yang sangat buruk dan menunjukkan ketidak disiplinan. Namun hal ini tidak berlaku di beberapa Negara di Amerika Selatan. Contohnya adalah Chili dan Ekuador, dimana apabila seorang tuan rumah mengundang kamu untuk makan pada pukul 8 malam, itu berarti kamu harus datang pada pukul 8 lewat 15 hingga 20 menit, karena jika kamu datang tepat waktu, maka kamu akan dianggap orang yang ingin mencari kesalahan tuan rumah.

7. Alkohol dan Iblis

Budaya minum alkohol dan meludahi mata iblis.

Meskipun stereotip bisa berbahaya, tapi kenyataannya memang benar bahwa Rusia adalah salah satu negara dengan peringkat tertinggi di dunia dalam konsumsi alkohol. Di negara ini alkohol adalah bagian dari kehidupan. Jika kamu melakukan sedikit kesalahan, itu berarti kamu harus menghabiskan sebotol Vodka. Jika kamu datang terlambat dalam sebuah undangan, berarti kamu harus menghabiskan sebotol lagi. Di Negara ini, ada kebiasaan unik lainnya, yaitu apabila kamu mengutuk kesehatan orang lain, maka kamu harus meludah melalui bahu kiri, karena itu dipercaya kamu telah meludahi mata iblis yang akan mendatangkan celaka.

8. The Haka

Tim All Blacks, Selandia Baru melakukan gerakan Haka. Photo By: sports.vice.com

Haka adalah tradisi orang-orang Maori di Selandia Baru. Tontonan tersebut melibatkan ekspresi wajah yang mengancam, mendengus, lolongan serak, nyanyian nyaring, menginjak, bertepuk tangan, berdebar dada, dan menggoyah lidah yang dimaksudkan untuk mengejutkan dan menakut-nakuti lawan suku tersebut. Hal ini sering diperlihatkan oleh tim olahraga mereka sebelum bertanding di lapangan.

Reference:
https://listverse.com

Featured Image:
https://www.weddingchamps.com

Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *