Apasih Perbedan Boyband Korea dan Boyband Western?

Buat kamu yang belum tau, ini 5 perbedaan boyband Korea dan Western




Boyband adalah sekumpulan cowok–cowok kece dengan wajah hampir sempurna dan lagu yang bikin terlena. Tak heran boyband sukses besar bikin hati remaja cewek di seluruh dunia jadi meleleh kayak keju mozarella di atas pizza. Secara umum ada dua macam boyband yang berhasil merebut perhatian dunia. pertama boyband korea dan kedua boyband western. Walaupun judulnya sama–sama boyband, tapi banyak banget perbedaan diantara keduanya. dan bisa dibilang perbedaan diantara keduanya sangat significant.

1. Lagu

boyband korea biasanya punya lagu dengan beat yang cukup kuat. Secara, dalam setiap aksi panggunya, member boyband korea tidak hanya dituntut untuk menyanyi saja, mereka juga dituntut untuk ngedance sesuai dengan beat lagu mereka. Bisa dibilang Ada dua syarat umum kalo mau jadi salah satu member boyband korea. Satu harus bisa nyanyi dan yang kedua haru bisa ngedance. Beda sama boyband western yang hanya focus sama teknik vocal dan lagu–lagu mereka. Walaupun aksi panggung boyband western tidak diiringi dengan dance yang energik kayak boyband korea, bukan berarti lagu–lagu yang mereka bawakan gak punya beat yang asik lho. Mereka tetep bisa ngebuktiin kalo lagu mereka tetep bisa bikin orang yang lagi negedengrin goyang–goyang sendiri tanpa disadari.

2. Jumlah Member

Rata–rata jumlah member boyband korea lebih banyak dari jumlah member boyband western. Member boyband korea bisa sampe 13 orang per group, sedangkan member boyband western paling banter punya 6 member di dalam group. Jumlah member yang dalam boyband korea dan western juga punya tujuan masing–masing. Setiap member dalam boyband korea punya fungsi masing–masing untuk groupnya. ada yang jadi main vocal (member yang suaaranya pling bagus di group), ada yang jadi main dance (member yang ngedancenya paling keren), dan ada yang jadi visual (member yang mukanya palung ganteng). Sedangkan untuk boyband western, mereka hanya focus pembagian vocalnya, makanya gak butuh member yang banyak. Nanti kalo kebanyakan member, kesannya kayak paduan suara, bukan boyband.

3. Kostum

Untuk masalah kostum, bisa dibilang boyband western punya gaya freestyle. Costume yang mereka pakai selalu mereka sesuaikan dengan gaya mereka masing–masing. Gak ada aturan kalo mereka harus pake kostum tertentu disetiap penampilan mereka. Makanya jarang banget kita liat ada boyband western pake baju yang seragam waktu lagi beraksi di atas panggung. Beda banget sama boyband korea. Kostum mereka selalu disesuaikan dengan album yang sedang mereka promosikan. Misalnya untuk album A mereka harus pake kostum A. semuanya udah diatur sama perusahaan mereka, dan suka gak suka mereka haru tetep pake kostumnya.

4. System Debut

boyband korea punya waktu menunggu yang lebih lama untuk debut ketimbang boyband western. Seperti yang udah dijelasin tadi. Syarat untuk jadi member boyband korea gaq cuma modal nyanyi, tapi juga harus bisa ngedance, nulis lagu, harus bisa tampil di acara TV dengan baik dan hal–hal lain yang akan membantu promo album mereka saat debut kelak. Hal ini yang membuat member boyband korea harus ditraining dalam waktu yang cukup lama, bisa berbulan–bulan atau bahlan sampai bertahun–tahun. Masa training yang lama gak berlaku buat boyband western. Kalo bakat nyanyi mereka udah dilihat oleh salah satu produser kondang di barat sana, maka gak akan butuh waktu lama untuk mereka mencapai yang panggung debut mereka. Tinggal dipoles dikit aja, dan mereka akan siap menggarap album pertama mereka. Masalahnya adalah, jarang ada produser kondang di barat sana yang mau menggarap sebuah boyband, kalo bakat calon membernya gak benar–benar memukau sang produser. Kesimpulannya, system debut antara boyband korea dan boyband western punya kesulitan masing–masing.

5. Perubahan Penampilan

Boyband korea bisa dibilang masih terkekang sama perusahaan–perusaahaan tempat mereka bernaung. Jadi, segala sesuatu tentang mereka masih tetep diatur sama perusahaannya. Gaq ketinggalan dengan penampilan mereka. Perubahan penampilan boyband korea juga gaq lepas dari campur tangan perusahaan mereka. Kayak yang udah dijelasin di point sebelumnya, perubahan penampilan mereka harus tetep sesuai dengan tema album atau sesuatu yang sedang mereka promosikan. Bahkan salah satu perusahaan entertaintmen terbesar di korea merlarang seluruh anggota boybandnya untuk membuat tato di badannya. Kalo perubahan penampilan boyband western emang freestyke abis. Gaq ada hal yang gak bisa mereka lakukan dengan penampilan mereka. Mulai dari perubahan gaya rambut yang awalnya rapi jadi agak diberantakin, tindikan sana–sini, bikin tato diamana–mana dan hal–hal lain sesuai dengan keingiinan mereka. Semuanya bisa mereka lakukan baik saat sedang meraka melakukan promo album ataupun tidak. Tapi perubahan–perubahan yang mereka lakukan pada diri mereka gaq ngerubah rasa cinta dari para fans untuk mereka.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *