Berawal dari Tugas Kuliah, Pemuda ini Punya Bisnis yang “Out of The Box”

Bisnis laundry dan jasa pengecatan sepatu miliknya kini beromzet puluhan juta rupiah per bulan




Jalan hidup dan cita-cita setiap orang memang berbeda-beda, ada yang merasa cukup menjadi karyawan, ada juga yang ingin menjadi bos dan memiliki perusahaan, bahkan ternyata ada juga yang gak punya masa depan (haahhh, maksudnya?). Oke, kali ini kita akan membahas seorang pemuda yang memilih jalan untuk berbisnis. Kisah perjalanan mulai dari awal membangun bisnisnya hingga saat ini beromzet puluhan juta per bulan dapat dikatakan unik, mengapa demikian? Mari kita simak bareng-bareng.

Khrisna Tsani Restu (owner), Andhika Kurniawan Putra, M. Rizky Zakaria, Deni Priantama dan Farhan Anshari awalnya mendapatkan tugas mata kuliah kewirausahaan yang mengharuskannya untuk membuka usaha. Bisnis yang dipilihpun cukup unik yaitu Laundry Sepatu dan Jasa Pengecatan Sepatu. Bisnis tersebut terinspirasi dari temannya yang sudah memiliki bisnis serupa, sehingga kalau mereka membuka bisnis tersebut akan lebih mudah dijalankan dengan sistem oper. Kasarnya kalau mereka dapet orderan maka akan dioper ke temannya yang sudah memiliki bisnis tersebut.

Dimulai dengan modal 1,5 juta Rupiah dan sebuah workshop petakan yang sederhana mereka bertekad untuk dapat mengembangkan bisnis tersebut, sehingga di bulan berikutnya sudah balik modal. Customer yang mereka layani pun merasa puas karena notabene ini adalah bisnis yang Out of the Box banget.

Namun beberapa bulan kemudian, 3 dari mereka yaitu Deni, Rizky dan Farhan cabut dari bisnis tersebut karena ada kesibukan lain yang gak bisa ditinggalin. Alhasil Khrisna harus berjuang bersama Andhika untuk terus menjalankan bisnisnya agar tetap eksis. Semangat pun sedikit memudar, dan akhirnya bisnispun dirasa mulai surut dan ini mempengaruhi semangat mereka untuk berbisnis.

Saat semangat sudah kendor, bisnis sudah surut, ada seorang teman yang memberi saran kepada mereka untuk membuka sendiri bisnis tersebut, maksudnya gak perlu pake sistem oper, jadi setiap orderan yang masuk bisa dihandle sendiri. Rupanya saran ini menjadi penyemangat bagi mereka berdua, ditambah lagi kembalinya Rizky untuk bergabung kembali.

Akhirnya pada bulan Mei lalu Khrisna memutuskan untuk membuat produk perawatan sepatu dengan merk sendiri S.C.E by COFFOOTS (Shoes Caring Equipment) berupa cleaner, instant un yellowing, premium brush, handuk microfiber dan starter kit. Semenjak memiliki brand dan produk sendiri omzet bisnis yang mereka jalani menembus puluhan juta perbulan dan terus meningkat ditambah sudah ada beberapa pengusaha Shoes Caring yang memasok perlengkapan darinya.

Btw guys, kalo kamu penasaran atau pingin laundry sepatu sekaligus cat ulang sepatu, kamu bisa dateng ke workshop di alamat Jl. WR. Supratman No 100L, Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan (Ruko Paris Residence), atau mungkin kamu pengen kenalan ama ownernya nih, follow aja Khresna Tsani Restu di IG: @Khresnares oh iya, jangan lupa follow IG Official dari COFFOOTS di @COFFOOTS

Penulis lepas yang doyan begadang dan berdagang. Young entrepreneur yang suka tantangan dan gak suka berdebat







One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *