free web hit counter

Cara Mengobati Sariawan (Stomatitis) Serta Mengenal Jenis-Jenis Sariawan


Penyakit stomatitis atau sering dikenal sebagai penyakit sariawan, memang tergolong dalam kategori penyakit ringan. Namun, penyakit ini cukup mengganggu dan mengurangi selera makan penderitanya. Sariawan biasanya menginfeksi bagian mulut, pipi dalam atau mukosa, lidah, gusi, dan tenggorokan dengan ciri bercak berwarna putih kekuningan. Bercak luka pada bagian dalam sekitaran mulut tersebut bisa muncul berkelompok pada satu tempat, yang pastinya semakin mengganggu saat Anda bericara.

Sebelum mengupas cara mengobati sariawan, lebih menarik jika mengetahui tentang jenis-jenis sariawan beserta penyebabnya.

  • Jenis sariawan oral thrush, dimana sariawan disebabkan menempelnya jamur candida albicans. Sariawan jenis ini sering dijumpai menginfeksi bagian lidah.
  • Sariawan stomatitis herpetic, penyebab utamanya dikarenakan virus herpes simpleks yang menginfeksi di bagian dinding-dinding tenggorokan.
  • Jenis paling ringan adalah stomatitis afthosa, sariawan akibat kurang kehati-hatian individu dalam menyikat gigi. Sehingga terbentur oleh sikat gigi yang biasanya berlokasi pada bagian gusi, mukosa atau dinding dalam pipi, dan mulut.

Beralih pada cara mengobati sariawan, pengobatannya dapat dilakukan secara alami tanpa obat-obatan mengandung bahan kimia. Madu menjadi pilihan utama dengan khasiatnya yang terpercaya mengobati banyak penyakit. Caranya, campurkan madu dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada mulut yang terkena bercak putih kekuningan secara merata. Lakukan secara rutin hingga sariawan menghilang.

Tips aman dan efektif tanpa efek samping dengan pemanfaatan khasiat rempah kunyit. Caranya, bersihkan dan haluskan kunyit, kemudian oleskan kunyit yang telah dihaluskan pada bagian yang luka. Lakukan sesering mungkin selama sariawan masih menempel.

Selain madu dan kunyit, tips alami lainnya yaitu dengan bumbu dapur bawang putih. Pertama kupas dan cuci bawang putih, potong-potong menjadi 2 bagian, kemudian balurkan bawang putih pada bagian yang sakit. Lakukan berulang kali hingga luka sariawan menghilang dan tidak terasa sakit.

Setelah mengetahui cara mengobati dariawan, seharusnya juga mengenal bagaimana cara pencegahannya, agar tidak sampai melakukan pengobatan. Pencegahannya cukup mudah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, jauhi stress, hindari konsumsi makanan yang memicu sariawan seperti makanan yang berkategori gorengan dan makanan pedas, sesuaikan sikat gigi dengan tekstur mulut, serta perbanyak konsumsi buah-buahan bervitamin C.

Demikian ulasan mengenai cara mengobati sariawan serta mengenal jenis-jenis sariawan yang dapat dipaparkan. Semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi penderita sariawan. Selalu berkonsultasi pada ahli kesehata adalah cara sempurna dalam menyembuhkan segala jenis penyakit. Selamat mencoba.


Like it? Share with your friends!

Caper Social & Lifestyle
Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.