free web hit counter

Cara Menyembuhkan Penyakit Radang Tenggorokan Secara Alami


Sakit pada bagian teggorokan memang bukan suatu hal yang serius, namun terkadang sedikit menyakitkan jika sampai terjadi infeksi didalamnya. Ada beberapa cara cepat agar penyakit radang tenggorokan segera hilang dengan menggunakan bahan alami yang sering dijumpai disekitar lingkungan Anda. Sebelum mengulas mengenai cara penyembuhannya, ada beberapa gejala dan penyebab penyakit radang tenggorokan. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyakit radang tenggorokan ditandai dengan gejala terjadinya pembengkakan amandel pada bagian tenggorokan yang memicu terjadinya rasa sakit pada tenggorokan, munculnya bintik merah pada atap mulut, terasa sakit dan susah menelan saat makan dan minum, terjadi pembengkakan pada kelenjar getah eher yang juga disertai dengan ciri sakit kepala, badan terasa lelah dan lemas, hingga mengalami demam.

Penyebab utama dari sakit radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, dimana bakteri tersebut meyebarkan penularan pada orang yang berada disekitar penderita. Penularan terjadi melalui udara ketika penderita bersin dan batuk, selain itu bakteri dapat menular melalui benda-benda yang trinfeksi misalnya dari bekas gelas dan sendok yang telah digunakan oleh penderita. Selain dari penularan, kondisi lingkungan penuh polusi udara dan cuaca ekstrim juga menadi penyebab lain yang dapat memicu penyakit radang tenggorokan.

Sebagai penangkal penyakit radang tenggorokan, hal mudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum teh hangat. Teh yang lebih berkhasiat yaitu jenis teh chamomile yang memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Hindari minuman bersoda jenis cola, kopi, serta minuman lainnya yang mengandung pemanis buatan.

Seduhkan jahe hangat. Jahe yang memiliki manfaat dalam meningkatkan oksigen serta membilas racun dalam tubuh, akan membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir pada sistem pernafasan. Caranya cukup mudah, siapkan jahe secukupnya yang sudah dicuci bersih, memarkan lalu rebus dalam air, setelah matang, lanjutkan dengan menyeduhkan dalam gelas. Untuk memperoleh varian rasa, bisa Anda tambahkan madu atau teh.

Ramuan madu dan lemon. Mengenai madu, sudah jelas terbukti memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kali ini, madu akan dicampurkan dengan lemon yang bermanfaat dalam mengencerkan lendir dalam seduhan minuman. Caranya mudah, dengan mencampurkan 1 sendok madu dengan perasan lemon yang dituangkan kedalam air hangat. Kemudian minum ramuannya. Lakukan beberapa kali hingga merasa lega pada tenggorokan.

Demikian ulasan mengenai gejala, penyebab, dan pengobatan penyakit radang tenggorokan yang dapat disampaikan. Praktikkan cara diatas bagi penderita penyakit radang tenggorokan. Penyembuhan secara alami lebih aman dibanding obat yang mengandung bahan kimia. Selamat mencoba.


Like it? Share with your friends!

Caper Social & Lifestyle
Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.