Dua Fakta Unik Seputar Matematika yang Belum Kamu Tahu

Your Best Online Partner

Hai temans

Pastinya kalian nggak asing sama Matematika kan? Dari mulai SD sampai SMA pasti bakalan ketemu sama mata pelajaran satu ini. Bahkan jadi satu penentu kelulusan lantaran jadi menu wajib Ujian Nasional. Belum lagi kalau kuliah, kalian bakal ketemu sama statistika yang merupakan santapan wajib guna menghadapi tugas akhir. Seakan tak ada hentinya belajar matematika mulai SD sampai perguruan tinggi. Hal menunjukkan bahwa Matematika jadi elemen penting yang wajib dikuasai oleh para pelajarnya.

Akan tetapi kalau melihat fenomena yang ada kita akan berjumpa pada suatu ironi. Sedemikian pentingnya matematika sehingga nggak pernah absen di jenjang pendidikan manapun tapi kita pasti juga sering merasakan kesulitan yang begitu luar biasa. Pernah kan ngerasain gimana pusingnya ngerjain satu soal yang super sulit? Kalau misalnya Cak Lontong bikin survei tentang mata pelajaran yang paling sulit, seolah kita sudah tahu apa jawaban. Yup, yang nangkring di urutan teratas alias paling sulit pastinya Matematika.

Seolah tak ada keraguan terhadap sulitnya Matematika. Begitu pula yang disampaikan oleh Ilham Rizkianto, Dosen Matematika bahwa Ia tak setuju bila matematika itu mudah. Alumnus Utrecht University Netherland ini menegaskan bahwa Matematika memang sulit dan harus sulit. Yang jadi permasalahan adalah adakah upaya untuk mempermudah pembelajaran matematika dalam kelas. Sesulit apapun materinya jika disampaikan dengan cara yang tepat bukan hal mustahil untuk dipahami oleh para pembelajarnya.

Nah jadi keluh kesah kalian selama ini rupanya nggak salah gaes. Ahli sudah menyatakan bahwa Matematika itu berat secara materi pelajaran. Tinggal bagaimana guru kalian menyampaikan pembelajaran dalam kelas. Nah untuk itu silakan berkompromi serukun mungkin dengan Gurumu biar jadi lebih mudah.

Sebagai sarana refreshing matematika berikut tersaji beberapa fakta unik yang mungkin belum kalian tahu nih gaes. Selamat menikmati.

1. Bedanya angka dan bilangan


Pernahkah kalian bingung membedakan angka dan bilangan? Atau malah kalian menganggap keduanya nggak ada beda? Pada dasarnya angka dan bilangan itu beda gaes. Misalnya 32. Ada dua angka yang terdapat di sana yaitu 3 dan 2. Sedangkan nilai 32 adalah yang jadi bilangannya. Jadi kesimpulannya angka adalah lambang bilangan.
Umumnya kita menggunakan 10 angka saja yaitu dari 0 sampai 9. Dari konfigurasi sepuluh angka itu bisa menghasilkan bilangan yang tak hingga banyaknya. Gimana sekarang? Tahu kan bedanya.

2. Pi

Dalam menentukan luas dan keliling lingkaran biasanya kalian pake pi atau bahasa internesyenelnya pie. Pi atau pie merupakan perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya. Biasanya di sekolah kalian mengenal pi dengan 3,14 atau 22/7. Tahukah kalian kalau sebenarnya itu hanyalah sebuah pendekatan saja alias bukan nilai sebenarnya?

Nah pertanyaan selanjutnya: kok bisa dinamai pi atau pie? Coba saja tulis 3,14 di selembar kertas. Buat garis vertikal di sebelah kanannya. Cerminkan tulisan 3,14 terhadap bilangan itu. Contoh gambar di bawah gaes

Amati hasil pencerminannya. Sekilas mirip susunan huruf PIE. Itulah alasannya. Kemudian kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia jadi PI.

Udah dulu ya gaes semoga next time bisa dilanjutkan dengan fakta-fakta unik lainnya. Daah

Sumber gambar:
dottech.org

Mahasiswa biasa-biasa saja yang suka menulis