Gak Punya Teman? Mungkin 5 Hal ini Jadi Penyebab Banyak Orang Menghindari Kamu

Intropeksi diri dan ubahlah diri kamu menjadi lebih baik

Your Best Online Partner

Salah satu hal yang paling mengerikan di dunia ini adalah kesepian, bukan jomblo. Karena banyak jomblo yang hidupnya bahagia karena tidak pernah merasakan kesepian. Manusia adalah makhluk sosial, jadi sudah sepatutnya hidup saling membutuhkan dan saling berinteraksi. Nah, bagaimana kalau ternyata kamu termasuk orang yang gak punya teman? Atau sudah mencoba untuk berteman tapi mereka malah menghindari kamu? Jawabannya bukanlah “Dunia ini Tidak Adil Terhadapku”, tapi jawabannya adalah, kamu tidaklah menyenangkan untuk diajak berteman.

So, solusinya sih simple, buat diri kamu menyenangkan untuk dijadikan teman. So, sebelum kamu tau caranya untuk menjadi pribadi yang menyenangkan, cari tau dulu penyebabnya kenapa kamu menjadi orang yang tidak menyenangkan untuk dijadikan teman. Simak 5 hal yang jadi penyebab orang menghindari kamu, okeyy cekidot bray.

1. Suka Menceritakan Diri Sendiri

Suka berbicara tentang diri sendiri

“Kalau aku ya …”, “Aku dulu …”, pernah mendengar percakapan seperti itu gak? ketika ada teman kamu sepanjang obrolan selalu menyebut kata “Aku” yang berarti selalu ingin menceritakan diri sendiri. Manusia jenis ini sangat suka memamerkan diri alias sombong, entah menyombongkan kekayaan, menyombongkan kekuatan, menyombongkan kejahatan dan banyak lagi, intinya dia selalu ingin terlihat superior dari teman-temannya berdasarkan ceritanya sendiri. Sudah tentu makin lama teman-temannya akan merasa bosan dan jenuh atau bahkan menjadikannya bahan cibiran dengan para teman lainnya dan lambat laun mereka akan menghindar. So, kalo kamu merasa punya sifat seperti ini, ubah secepatnya, karena ingat, sombong itu dosa.

2. Terlalu Sensitif dan Suka Emosi

Terlalu sensitif dan suka emosian

Bercanda itu baik, namun bercanda yang keterlaluan itu sangat tidak baik. Tapi dalam sebuah pertemanan, ada saatnya salah satu teman kita akan keceplosan mengucapkan sesuatu yang akan membuat hati menjadi panas, atau bercandanya sudah kelewatan. Nah, di sini diperlukan sikap kebijaksanaan dan kedewasaan dengan cara mengingatkan menggunakan bahasa yang baik dan halus. Namun, ada kalanya kita berteman dengan orang yang sensitif dan bawaannya pingin berantem kalau mendengar kata-kata yang tidak mengenakkan.

Dalam pertemanan, jika ada salah satu yang bersifat sensitif seperti itu, akan membuat suasana pertemanan menjadi kacau, tidak ada lagi keharmonisan dan lambat laun akan disisihkan. Kamu merasa? Ubahlah, gunakan kata-kata yang bijak dan jaga emosi agar tetap stabil apabila kamu merasa hati kamu tersakiti.

3. Suka Memendam Perasaan

Suka berdiam diri dan memendam perasaan

Satu lagi yang masih berhubungan dengan emosi, namun yang ini kebalikan dari nomor 2. Kalau nomor 2, orang tersebut akan langsung meluapkan kekesalan dan emosinya, berbeda dengan sifat suka memendam perasaan. Biasanya dia akan mudah tersinggung namun lebih memilih untuk dipendam daripada diselesaikan. Efeknya? Sudah tentu akan ada perubahan dari tingkah laku, menjadi pendiam dan terlihat murung. Kalau ditanya “Eh kamu kenapa?”, pasti jawabnya “Gpp bro”.

Sifat ini sangat tidak baik karena suasana menyenangkan dari pertemanan akan berubah drastis karena salah satu dari teman mereka merasa tidak nyaman namun tidak segera memberitau apa penyebabnya. Saran mimin sih, kalau ada sesuatu yang mengganjal di hati, utarakan dengan kata-kata yang baik, karena komunikasi yang baik adalah pemecah masalah yang paling ampuh.

4. Pelit dan Suka Merepotkan

Pelit tapi suka minta bantuan

Pernah nemu temen kalau diajak nongkrong di cafe, trus waktu bayar malah menghilang? Eh tiba-tiba waktu disuruh bayar parkir malah paling pertama ngeluarin duit? Atau kalau ada temen yang bener-bener butuh duit, dia sama selalu beralasan? Ya, itu tandanya ciri-ciri orang pelit. Yakinlah, tidak ada seseorangpun di dunia ini yang suka dengan orang pelit.

Biasanya orang pelit ini 11 12 dengan orang yang suka merepotkan. Kalau mau nongkrong selalu minta dijemput, selesai nongkrong minta dianter pulang, suka minjem duit, suka minjem barang. Bicara soal pertemanan, memang bicara tentang solidaritas, tapi kalau terus-terusan ini namanya merepotkan. So, cobalah sering membantu sebelum ingin dibantu.

5. Tidak Memiliki Ciri-Ciri di atas, Tapi Bau Badan

Baik hati tapi bau badan

Nah, yang terakhir ini tidak berhubungan dengan sifat, karena ini adalah murni masalah kesehatan. Kamu udah ngerasa gak sombong, gak emosian, gak suka memendam perasaan, gak pelit, gak suka merepotkan tapi masih aja ditinggal ama teman-teman? Jawabannya mungkin karena badan kamu bau. Sebaik apapun diri kamu, percayalah bahwa teman-teman kamu tidak akan nyaman berada di dekat kamu apabila kamu memiliki masalah bau badan. Jangankan teman, saudara atau keluargapun tidak akan nyaman dengan kamu.

So, sebaiknya ubahlah pola hidup kamu menjadi lebih sehat. Mandi minimal 2 kali sehari, bersihkan diri kamu dengan sabun, gosok hingga bersih, rajin sikat gigi, rajin berolahraga dan pakailah wewangian sebelum kamu ngumpul ama teman-teman kamu.

Kalau kamu ingin mendapatkan teman yang baik dan pengertian terhadap diri kamu, maka intropeksi diri lah, ubahlah diri kamu menjadi pantas untuk mendapatkan teman seperti itu dengan cara menghindari 5 hal di atas tadi.

Penulis lepas yang doyan begadang dan berdagang. Young entrepreneur yang suka tantangan dan gak suka berdebat




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *