Keduanya Jadi Destinasi Wisata Tingkat Dunia, Kamu Pilih Hawaii atau Lombok?

Untuk urusan keindahan alam, sangat sulit membedakan keduanya

Your Best Online Partner

Berbicara tentang destinasi wisata dan keindahan alam, maka Hawaii dan Pulau Lombok memiliki semuanya. Pantai dengan hamparan pasir putih yang luas serta air laut yang berwarna biru, pohon kelapa sepanjang bibir pantai yang bergoyang tertiup angin, bukit asri berwarna hijau yang sungguh menyegarkan mata, air terjun dengan air yang sungguh deras begitu menyejukkan hingga keindahan senja yang selalu memanjakan mata. Itu semua bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke dua destinasi wisata tersebut.

Jika bicara masalah fasilitas, maka keduanya pun tidak kalah. Berbagai fasilitas yang telah memenuhi syarat untuk para wisatawan bisa kamu temukan di kedua destinasi wisata tingkat dunia ini. Penginapan murah untuk para backpacker hingga hotel kelas bintang lima dengan fasilitas mewah bisa kamu temukan di berbagai tempat.

Para wisatawan sudah tentu ingin menikmati keindahan alam dan juga menikmati berbagai fasilitas yang ada di daerah wisata seperti Hawaii dan Lombok. Mari kita sama-sama melihat dan membandingkan keduanya.

1. Keindahan Pantai dengan Hamparan Pasir Putih yang Luas

Waimea Bay Beach Park. Photo By: http://www.dailyventure.com

Oke, berbicara tentang pantai dengan pasir putih, Hawaii dan Pulau Lombok sama-sama memiliki keduanya. Di Hawaii ada banyak pantai yang sangat indah dengan pasir putih yang cukup luas, sebut saja Pantai Kauna’oa (Mauna Kea) Beach. Pantai ini ukurannya tidak terlalu besar, dengan arus air yang lumayan tenang, sehingga ideal banget untuk melakukan beberapa kegiatan santai seperti berjemur dan snorkeling. Selain itu ada Hapuna Beach salah satu pantai berpasir putih terbesar di Hawaii yang dapat dikunjungi oleh berbagai tipe wisatawan. Masih banyak pantai-pantai lain seperti Hamoa Beach, Kaanapali Beach, Wailea Beach, Makena Beach, Waimea Bay Beach Park dan lainnya.

Pantai Seger. Photo By: http://nulspounya456789.blogspot.co.id

Bagaimana dengan Pulau Lombok? Lombok tidak kalah dalam hal keindahan dan jumlah pantai dengan pasir putihnya. Mulai dari Pantai Senggigi yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Pantai Seger, Pantai Tangsi, Pantai Tanjung A’an yang terkenal dengan pasir putih mericanya, Pantai Sire dan masih banyak pantai lainnya.

2. Suguhan Atraksi Budaya yang Memikat

Hula Hawaii Dance. Photo By: https://www.roughguides.com

Siapa gak kenal dengan Tarian Hula. Sebuah tarian yang mendunia yang berasal dari Hawaii. Tarian ini benar-benar di kenal dan terus dilestarikan hingga saat ini, bahkan telah menjadi tarian selamat datang khas Hawaii. Untuk urusan atraksi budaya, Hawaii telah memiliki ciri khas. Selain tarian tadi, ada juga yang melakukan pertunjukkan berupa musik-musik tradisional dengan alat-alat musik tradisional pula.

Peresean Lombok. Photo By: https://majalahlombok.com

Selain Hawaii, Lombok juga memiliki atraksi budaya yang cukup memikat. Selain beranekaragam tarian-tarian khas Lombok, ada juga sebuah atraksi budaya yang membutuhkan ketangkasan serta keberanian dari para pemainnya yaitu Peresean. Atraksi budaya yang satu ini sudah ada sejak jaman dahulu dan terus dilestarikan hingga saat ini. Atraksi yang berupa adu ketangkasan menggunakan rotan yang dilakukan oleh 2 orang pilihan.

3. Kuliner Khas yang Wajib untuk Dicicipi

Lomi Salmon. Photo by: https://yummyaddiction.com

Salah satu kegiatan dalam berwisata selain mencari obyek wisata dan tempat-tempat yang indah adalah menikmati kuliner khas daerah setempat. Kurang lengkap rasanya apabila berwisata tanpa menikmati nikmatnya kelezatan kuliner asli daerah wisata tersebut. Di Hawaii ada beberapa kuliner khas yang cukup terkenal dan bikin ngiler, apa saja? Yang pertama ada Lomi Salmon, hidangan ini dibuat dengan cara mencampur daging salmon fillet yang telah dipotong dadu, bersama dengan tomat, bawang merah, dan lada. Setelah itu ada Pipi Kaula yang seperti dendeng di Indonesia, Poke yang merupakan fish salad, Haupia puding khas Hawaii yang terbuat dari kelapa, Loco Moco yang terdiri dari nasi, patty burger, telur ceplok, dan saus daging atau gravy. Selanjutnya ada Chicken Longrice, hidangan ini disajikan dengan kuah jahe yang menghangatkan, ditambah sedapnya potongan daging ayam.

Ayam Bakar Taliwang. Photo By: http://www.lombokmandalika.co.id

Selanjutnya kita beralih ke Lombok, untuk urusan kuliner khas, Lombok tidak mau kalah dengan Hawaii, berbagai hidangan seperti Pelecing Kangkung yaitu potongan kangkung yang dicampur dengan tauge, kelapa yang telah diparut dan sambal tomat, sungguh segar, lezat dan pedas. Selain itu ada juga bebalung, makanan khas Lombok yang berbahan dasar tulang-tulangan dan daging sapi. Kemudian ada ares, sebuah makanan unik yang terbuat dari campuran pelepah pisang dan dicampur santan. Selain makanan-makanan di atas, masih banyak juga makanan khas Lombok yang terkenal akan kelezatannya seperti Sate Ikan khas Tanjung, Nasi Balap Puyung, Beberuk, Ayam Bakar Taliwang dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa hal menarik yang dapat dijadikan alasan buat kamu untuk memilih, destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi? Ada beberapa hal menarik lainnya yang tidak bisa diulas di sini, seperti sejarah, karena ada berbagai versi yang agak bertentangan.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah memutuskan untuk lebih memilih berlibur ke Hawaii atau ke Lombok? Yuk silahkan vote di bawah ini.

Kamu Lebih Memilih Berlibur Kemana?

View Results

Loading ... Loading ...

Reference:
Feature Image: http://www.shape.com

Membahas segala macam obyek wisata di Indonesia dan Luar Negeri dengan cara yang berbeda. Sebagai referensi destinasi wisata para pembaca.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *