Nabilah dan Melody Graduate, Apakah JKT48 bisa Bertahan tanpa Mereka?

Inilah tanggapan para fans loyal mereka tentang keberlangsungan JKT48

Your Best Online Partner

Bagi para fans, mundurnya (graduate) para pionir JKT48 mungkin tidak banyak berpengaruh pada mereka, namun bagi para orang awam (bukan fans) JKT48 itu identik dengan 3 orang, yaitu Nabilah, Melody dan Haruka. Pasca pengumuman graduate Melody pada saat konser Request Hour 4 November lalu, berarti JKT48 telah kehilangan ketiga tokoh penting atau icon mereka.

So, apakah dengan graduatenya Melody merupakan akhir dari JKT48? Ataukah Idol Group yang telah bertahan selama 6 tahun ini akan tetap bertahan? Inilah pendapat para fans loyal mereka yang berhasil diwawancarai oleh Tim Caper.ID.

Menurut saya sih tanpa mereka JKT48 tetap akan bertahan, walaupun prosesnya harus dimulai dari awal lagi. Maksudnya JOT harus promosi dari awal dan mulai membangkitkan para member generasi 2 ke bawah. Sama seperti Sister Groupnya, AB48 Generasi 1 mereka hanya tersisa 1 orang, namun mereka terus beregenerasi dan dapat bertahan hingga kini.

Melody dan Nabilah adalah dua orang yang sangat terkenal di JKT48, jadi setelah mereka graduate, diharapkan akan ada sistem yg baru dari JKT48 untuk memperkenalkan member-member baru yang sebenarnya gak kalah hebat, hanya saja banyak org yg belum tau.

Eric Crow – Pembuat Komik – Jakarta

JKT48 masih tetap bertahan selama manajemen JKT48 masih memberikan kesempatan pada 62 member dan trainee agar dapat dikenal oleh kalangan masyarakat. Walaupun selama ini Melody dan Nabilah merupakan kunci atau icon dari JKT48 dan telah graduate.

Irfan Rahmansyah – Mahasiswa – Bandung

Hmmmm, agak ngeri sih. Bagaimanapun juga kan mereka bisa dibilang “Icon” nya JKT48. Yang orang awam tau tentang JKT48 ya cuman Melody, Nabilah atau Haruka. Karena cuman mereka yg sering diundang di berbagai acara TV. Saya harap sih manajemen JKT48 bisa lebih mengimbangi popularitas para member, intinya sih saya berharap gugur 1 tumbuh 1000.

Reza – Pelajar – Malang

Menurut gue, JKT48 tanpa Melody dan Nabilah tetap akan bertahan, tapi dengan syarat untuk manajemen, mereka harus terus membuat innovasi baru, dan dikalangan fans sendiri harus ada kesadaran masing-masing. Jadi, tanpa adanya innovasi dari pihak manajemen, mungkin JKT48 nggak bakal bertahan dalam 3 tahun kedepan, mengapa? Karena jumlah fans baru dan fans yang sudah vakum nggak sebanding.

Dan saran nih buat para fans, kalau masih tetap mau JKT48 bertahan, stop lah buat tubir-tubir, toh nikmati aja, kan JKT48 itu cuma buat hiburan bukan sarana nyari jodoh. So, jangan sampai JKT48 tumbuh bersama fans dan hancur karena fans.

Indra Mawardhie – Mahasiswa – Makassar

Ya, menurutku JKT48 dapat bertahan tanpa Melody dan Nabilah. Mereka seperti penghubung JKT48 dengan masyarakat awam (non fans) karena merekalah icon JKT48 yang masyarakat awam kenal. Tapi saat perform, mereka tidak lebih penting dari member-member lainnya. Bahkan jika seluruh member telah berganti pun tidak akan membuat JKT48 runtuh.

Yang menjadi kendala saat ini adalah, bagaimana JOT mencari icon baru untuk mereka, agar ada member yang dikenal oleh masyarakat awam. Bahkan Jessica Veranda yang berkali-kali menjadi center pun tetap tidak dikenal oleh masyarakat awam. Menurutku pencarian icon pengganti mereka adalah tantangan yang besar untuk JKT48 ke depannya.

Pandu Kusuma – Mahasiswa – Jogja

Menurut saya JKT48 tetap akan bertahan, karena fans JKT48 termasuk jenis fans yang loyal dan solid. Tapi tidak menutup kemungkinan JKT48 tidak akan bertahan apabila member terus melakukan skandal dan manajemen tidak menindak tegas para member yang ketahuan melakukan skandal. Karena hal ini akan membuat para fans tidak akan percaya lagi.

Fajar Reymizard – Mahasiswa – Bukit Jalil

JKT48 itu bukan hanya Melody atau Nabilah saja, mereka adalah manajemen, seluruh member dan segenap fans. Pertanyaan bertahan atau tidak, jawabannya adalah tergantung dari kerjasama ketiga pihak tadi sebagai satu kesatuan, dan mungkin regenerasi di pihak fans yang mulai susah. Biar waktu saja yang menentukan.

Dhaniel Ramdhan – Penjelajah Hati – Bekasi

Kalo menurut gue JKT48 masih tetap bertahan walaupun tanpa Nabilah dan Melody. Hanya saja tetap tergantung bagaimana Manajemen memanage para Membernya, dan selama ini Nabilah juga jarang tampil bareng JKT48 di kegiatan apapun, toh JKT48 tetap baik-baik saja kok. Selama masih ada member yang sungguh-sungguh dengan JKT48, semua akan tetap berjalan lancar untuk kedepannya.

Adi Senjaya – IT Networking – Depok

JKT48 akan tetap bertahan walaupun tanpa Nabilah dan Melody, dan lagi emang udah waktunya Melody untuk lulus dari JKT48. PR nya sekarang adalah, Manegement harus bisa mencari member baru dari Generasi 2 dan seterusnya untuk menggantikan sosok Melody.

Leonardus Bagas Prasetyo – Swasta – Jakarta

Itulah pendapat beberapa fans loyal tentang keberlangsungan JKT48 walaupun tanpa Nabilah dan Melody. Semoga harapan mereka dapat terlaksana dan JKT48 terus memberi warna pada dunia hiburan tanah air.

Suka menulis dan rajin membaca, membahas tentang berbagai hal yang berhubungan dengan musik baik tanah air maupun dunia.