Pentingnya Ilmu Agama dan Peranan Orang Tua dalam Mengatasi Pergaulan Bebas Remaja

Orang tua harus berperan aktif dalam mendidik dan menjaga anaknya

Your Best Online Partner

“Eh, kamu pernah ciuman belum?”, “Eh, kamu punya koleksi JAV terbaru gak?”, pertanyaan-pertanyaan frontal dari para remaja masa kini seolah-olah sudah menjadi santapan bagi kita setiap hari. Usia yang sangat belum memungkinkan bagi mereka untuk membahas hal-hal yang seharusnya boleh dibahas oleh orang tua atau yang sudah menikah. Perkembangan jaman dan teknologi jika tidak didasari oleh peningkatan Ilmu Agama maka akan menjadikan kemerosotan bagi para generasi muda saat ini.

Salah satu contoh yaitu, semakin meningkatnya prosentase remaja putri yang hamil di luar nikah dan makin banyaknya remaja yang menderita penyakit menular seksual (penyakit kelamin) yang merupakan dampak dari pergaulan bebas. Saat ini, pergaulan bebas seolah-olah sudah menjadi trend, so, bagi siapa saja yang belum pernah melakukan hal-hal yang berbau “mesum” dianggap bukan bagian dari anak muda masa kini.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Sudah tentu orang tua bertanggung jawab untuk menjaga anaknya dengan acra mendidiknya saat masih kecil hingga masuk ke usia pra remaja serta membekalinya dengan Ilmu Agama. Dalam Islam diajarkan pembinaan dan pengajaran bagi orang tua dalam mendidik putra dan putri mereka, antara lain dengan memisahkan tempat tidur anak laki-laki dan perempuan ketika sudah menginjak usia 10 tahun. Seperti yang dijelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Suruhlah anak-anakmu mengerjakan Shalat ketika mereka berumur tujuh tahun dan pukullah mereka ketika meninggalkannya apabila mereka telah berumur sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka”.

Baca Juga:

Wah Keseringan Nonton Film Porno Bisa Merusak Otak. Ati-Ati Lhoo !!!

Selain itu, orang tua hendaknya juga mengajari anak mereka untuk meminta izin terlebih dahulu ketika akan memasuki kamar orangtua, yaitu supaya menghindarkan anak dari melihat aurat orangtua. Seperti yang disebutkan dalam Qur’an Surat An-Nur ayat 59, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur Baligh, maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin”. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Selain itu, hendaknya orang tua juga mengajarkan anak untuk berpuasa Sunnah, karena dengan berpuasa Sunnah Insya Allah anak dapat mengendalikan syahwatnya. Orangtua juga hendaknya menasehati anak untuk memilih teman yang baik dan menjauhi teman yang buruk supaya tidak ikut terpengaruh. Dan di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, orangtua juga hendaknya menjaga anak-anak dari pengaruh buruk media informasi seperti televisi, internet dan lainnya. Karena di era modern saat ini, banyak remaja yang mudah terpengaruh hal buruk oleh media sosial.

Selalu bersabar dalam menjalani hidup