Pertama Kali Memelihara Kucing? Inilah 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Kucing adalah hewan yang lucu dan penurut, perlakukan dia dengan baik

Your Best Online Partner

Bagi banyak orang, kucing adalah hewan yang manis, penurut dan sangat cocok dijadikan hewan peliharaan sehingga banyak yang memutuskan untuk mengadopsi kucing untuk dijadikan sebagai “anggota keluarga” baru di rumah mereka. Oke, karena kucing adalah makhluk hidup ciptaan Tuhan, maka kita sebagai pemilik harus mampu merawatnya dengan baik dan penuh kasih sayang. So, bagi kamu yang baru pertama kali memelihara kucing, ada baiknya menyimak 11 hal di bawah ini.

1. Persiapkan Daftar Belanja untuk Kucing Kamu

Hmmm, jangan heran deh, kucing juga makhluk hidup, so, kamu harus memperlakukan mereka selayaknya makhluk hidup yang kamu sayangi dan siap menjadi anggota keluarga baru di rumah kamu. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan daftar belanja berbagai kebutuhan untuk kucing kamu seperti peralatan makan beserta makanannya, tempat tidur kucing, hingga hal-hal kecil seperti mainan dan sebagainya. Ahh kok ribet sih? Kalo gak mau ribet, lepas aja kucing kamu, dan statusnya akan menjadi kucing kampung, bukan kucing rumahan. Bener gak?

2. Persiapkan Ruangan Khusus Untuk Kucing Kamu

Ruangan khusus untuk seekor kucing bukan berarti kamu harus mempersiapkan sebuah kamar dengan berbagai fasilitas untuk kucing. Cukup menyediakan sebuah tempat, bisa berupa sudut kamar, lemari kosong, kamar mandi yang tak terpakai, bawah meja kerja, atau tempat lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat si kucing merasa memiliki “rumah” tempat untuk pulang dan beristirahat.

3. Sebelum Kedatangan Seekor Kucing, Periksa Rumah Kamu

Haah, maksudnya? Ingat, keputusan kamu memelihara seekor kucing berarti adalah sebuah keputusan untuk menambah anggota baru di rumah bukan? So, agar semua tetap nyaman dan kucing kamu bisa bahagia, periksa terlebih dahulu rumah kamu, apakah aman dan sudah cocok untuk ditinggali oleh kucing tersebut?

4. Melakukan Cek Kesehatan Bagi Kucing Kamu

Selalu diingat, memelihara seekor kucing berarti menambah “keluarga baru” di rumah kamu. Artinya kamu harus memperlakukan mereka selayaknya keluarga. So, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan kesehatan. Ini bisa kamu lakukan di awal kamu mengadopsi kucing tersebut.

Okee, sampai di sini sudah mengerti? Hehehe, anggap saja seperti belajar. Setelah kamu memahami 4 hal di atas, mari kita lanjut ke beberapa hal penting lainnya berikut ini.

5. Mengatur Makanan dan Minuman untuk Kucing

Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dalam hal mengatur makanan dan minuman untuk peliharaan kamu. Kucing hampir sama dengan manusia, membutuhkan pola makan yang teratur dan makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Kucing juga harus dibiasakan untuk tidak “rakus” dan menjaga berat badan agar memiliki umur yang panjang. Selalu persiapkan air bersih bagi mereka.

6. Persiapkan Litter Box dan Tempat Tidur

Oke, ini mungkin akan jadi masalah utama bagi setiap orang yang memelihara seekor kucing, yaitu tempat kotoran. Dari awal kamu harus menyiapkan ini dan ajari kucing kamu untuk “buang kotoran” di tempat tersebut. Yakinlah kucing kamu akan mengerti dan selalu melakukan hal itu. Selain itu, persiapkan tempat tidurnya, hal ini sangat penting agar kamu tidak harus berbagi tempat tidur dengannya, kecuali jika kamu yang menginginkannya.

7. Mencakar dan Menggaruk adalah Aktifitas Rutin Kucing

Hal ini juga perlu kamu ketahui bahwa seekor kucing pasti akan mencakar dan menggaruk setiap saat. Jadi, kamu gak akan bisa menghindari hal ini. Salah satu solusinya adalah, persiapkan segala perlengkapan ataupun mainan kucing yang berfungsi baginya sebagai tempat mencakar ataupun menggaruk, sehingga kamu akan terhindar dari kerusakan sofa ataupun karpet.

8. Rutin Bermain dengan Kucing Kamu

Bermain dengan seekor kucing tidak diperlukan sebuah mainan yang mahal. Kucing adalah jenis hewan yang bisa menciptakan permainannya sendiri, dan hal itu akan sangat menyenangkan bagi kamu. Lihat saja, seekor kucing dapat dengan asik bermain dengan kantong plastik, sebuah kardus ataupun sebuah bola kecil. Semakin sering kamu bermain dengan kucing maka semakin akrab kamu dengannya.

9. Mengatur Waktu “Keluar Rumah” Bagi Kucing Kamu

Ini maksudnya hampir sama dengan mengatur jam malam. Ya, ini sangat penting kamu lakukan karena mengingat kucing kamu tidak selamanya diterima oleh para kucing lain atau kucing liar yang ada di daerah kamu. Untuk menghindarkan kucing peliharaan kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti perkelahian dengan kucing lain ataupun memakan makanan yang tidak sehat.

10. Jadikan Kucing Kamu sebagai Bagian dari Keluarga

Inilah yang terpenting, keputusan untuk mengadopsi dan memelihara seekor kucing berarti mempersiapkan segala hal demi keamanan dan kenyamanannya. Kucing adalah makhluk hidup yang akan hidup dan berlindung di rumah kamu, jadi anggaplah dia sebagai anggota keluarga baru yang harus kamu rawat dengan baik.

Itulah 10 hal yang harus kamu lakukan jika kamu memutuskan untuk memelihara seekor kucing.

Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *