Setiap Orang Punya Kelebihannya Sendiri, Bersinarlah Dengan Caramu

Nggak perlu merasa minder dengan kehebatan orang lain, percayalah kamu punya sesuatu yang berbeda

Your Best Online Partner

Dalam kehidupan ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan. Kamu mungkin pernah disebut “bodoh” oleh guru karena tidak bisa mengerjakan soal Matematika, atau dianggap banci karena tidak jago dalam olahraga apapun. Pastinya itu sangat mengganggu pikiranmu, terlebih lagi kamu melihat anak lain yang dielu-elukan oleh guru karena mewakili sekolah untuk Olimpiade Sains, ada juga temanmu yang terlihat keren dilapangan basket atau bermain band dan dipuja oleh para gadis. Yaah, tentu saja itu akan semakin membuat kamu galau dan merasa jadi manusia nggak berguna. Ngenes banget tong.. *puk puk*

Sudahlah! Itulah kehidupan, kenyataan yang ada di depan matamu. Lalu apa yang akan kamu lakukan? Berdiam diri saja sambil meratapi kebodohan? Atau hanya jadi pecundang lemah?

Come on bro.. sist.. WAKE UP!

Sekarang saatnya kamu pecahkan cangkang dan keluar, tunjukkan betapa bersinarnya dirimu.

Apa masalahnya kalau kamu tidak bisa matematika? Apa masalahnya kalau kamu tidak jago dalam olahraga atau musik? Forget that! Sebagai kakak yang baik (ciee kakak), mimin akan berikan beberapa tips supaya kamu bisa bersinar dengan caramu sendiri, keren dengan gayamu sendiri. Cekidot!

Jika kamu senang menggambar, cobalah membuat komik

Cobalah membuat komik

Saat guru sedang menjelaskan pelajaran di depan kelas, kamu mungkin sering asik sendiri menggambar karikatur di buku catatanmu. Mulai sekarang cobalah kembangkan imajinasimu, berikanlah karakter pada karikatur yang kamu gambar, buatlah seolah mereka hidup dan punya sebuah petualangan, biarkan petualangan itu mengalir dari kepala dan tanganmu. Atau mungkin kamu tidak begitu suka cerita petualangan, cerita-cerita komedi ringan bisa jadi alternatif, sekarang di socmed sudah banyak comic strip yang bisa kamu jadikan referensi.

Sebagai pemula mungkin kamu akan cenderung meniru dari karya-karya yang sudah terkenal, itu wajar saja, teruslah berkarya sampai kamu menemukan ciri khas tersendiri dari karyamu. Ada dua hal yang harus kamu ingat baik-baik. Pertama, kamu tidak boleh menggambar di dalam kelas saat pelajaran berlangsung, walaupun pelajarannya membosankan tapi hormatilah guru yang sedang berbicara. Kedua, setiap karya yang sudah kamu buat harus langsung kamu publish ke teman-teman, mading maupun socmed, ini agar kamu bisa mengetahui tanggapan orang-orang tentang karyamu agar kamu bisa membuat karya yang semakin baik setiap harinya.

Desain grafis juga bakat, tidak semua orang bisa

Jago Design? Kamu luar biasa. Pic by: http://wordtree.nl/

Kamu tidak pintar matematika, tidak jago olahraga dan musik, juga tidak bisa menggambar, hanya sering menghabiskan waktu di depan PC/laptop main game Dota 2. Menurut survey asal-asalan yang mimin lakukan selama ribuan tahun, biasanya gamer atau orang yang betah banget berduaan sama PC-nya punya bakat terpendam dalam desain grafis atau bahasa bulenya graphic design.

Coba deh mulai sekarang kamu manfaatkan PC kamu untuk menghasilkan karya-karya grafis. Kamu bisa mulai dari edit-edit foto gebetan atau mantan (jangan baper) sampai membuat desain sendiri, ada banyak software graphic design yang bisa kamu gunakan seperti Adobe dan Corel. Ini mungkin terlihat sepele, tapi percayalah tidak semua orang bisa membuat desain grafis. Ini tidak hanya membutuhkan skill mengoperasikan software, tapi ini juga soal taste, soal feeling, soal bagaimana kamu menciptakan desain yang sedap dipandang, warna tidak lebay dan norak.
Pastikan desain yang kamu buat tidak hanya berakhir di PC-mu, jika kamu pintar melihat peluang skill desainmu bisa menghasilkan uang. Banyak anak sekolah dan mahasiswa yang bisa menghasilkan uang dari desain grafis. Bagaimana caranya? Kamu cari tau sendiri. Be smart!

Suka membaca? Kenapa tidak mulai menulis?

Siapa tau kelak kamu akan jadi penulis terkenal.

Jika kamu suka membaca cerita pendek atau novel dari penulis-penulis terkenal, kenapa tidak mencoba untuk menulis sendiri ceritamu. Untuk tahap awal kamu bisa menulis tentang apa saja yang kamu lihat dan alami, seperti menulis diary misalnya. Tidak perlu panjang, yang penting kamu lakuka setiap hari. Dari kebiasaan menulis diary ini akan mengasah imajinasi dan kemampuan menulismu, setelah itu kamu dapat membuat cerita fiksi atau novel. Biarkan saja semuanya mengalir, tidak perlu khawatir tulisanmu jelek, tulisan yang bagus akan kamu dapatkan dengan proses menulis yang terus-menerus.

Atau mungkin kamu tidak begitu suka menulis cerita yang panjang, kamu juga bisa menulis di blog artikel-artikel singkat tentang makanan, fashion, tips kesehatan atau apapun itu. Banyak kok orang yang terkenal sebagai food blogger atau fashion blogger, mereka bisa seperti itu karena fokus dengan apa yang mereka lakukan. Kalau kamu mau bantuin mimin menulis artikel di web ini juga boleh, kirmkan saja tulisan kamu ke info@caper.id

Penulis lepas, entrepreneur, seorang penikmat kopi dan penyuka senja. Vice Director of Inspira Media.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *