Tempat Tinggal Kamu Kecil? Mungkin Potret Tempat Tinggal di Hongkong Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Bersyukur

Hongkong yang kini menjadi salah satu pusat bisnis dunia ternyata menyimpan sisi kelam kehidupan warganya yang tinggal di tempat tak memadai, seperti di bilik seukuran peti mati.




Benny Lam, seorang fotografer yang melakukan pengambilan gambar untuk SoCO, sebuah LSM yang memperjuangkan perubahan kebijakan dan standar kehidupan yang layak di kota. Dalam serial fotonya yang berjudul “Trapped”, Lam ingin ‘menerangi’ tempat tinggal nan mencekik yang tak terjangkau oleh cahaya kesejahteraan Hongkong. Ia berharap, dengan membuat para penyewa dan rumah sempit mereka terlihat, akan lebih banyak orang yang memberi perhatian terhadap ketidakadilan sosial yang mereka alami.

Berikut foto-foto Lam yang dapat membuat kita terenyuh.

1. Bagaimana bisa konsentrasi belajar kalau seperti ini

Bilik seluas 15 meter persegi ini menjadi ruang multi fungsi untuk keluarga Leung: kamar tidur mereka, ruang makan, dan dapur. (Benny Lam)

2. Ini kok lebih mirip kandang daripada tempat tinggal?

Hongkong telah lama dikenal karena kemakmurannya, namun di balik kemewahannya, terdapat sebuah dunia yang dipenuhi oleh pondok liar dan rumah kandang. (Benny Lam)

3. Sampai di rumah ingin istirahat dengan santai, tapi beda cerita kalau seperti ini

“Saya masih hidup, namun saya sudah dikelilingi oleh empat papan peti mati!” kata salah satu penyewa rumah kandang Hongkong. (Benny Lam)

4. Emak-emak pun dibikin stres dengan kondisi seperti ini

Rumah susun sekat yang letaknya berhimpitan menjadikan privasi dan tidur nyenyak sebagai sebuah kemewahan. (Benny Lam)

5. Mau menikmati masa tua juga nggak bisa

Pak Leung adalah satu dari sedikit penghuni rumah kandang yang membaca secara ekstensif. Dia melakukan berbagai pekerjaan serabutan dalam hidupnya. Namun, dia sekarang sudah terlalu tua untuk mendapatkan pekerjaan dan menghabiskan waktu dengan membaca, melarikan diri dari dunia kesengsaraan dan kemiskinan yang mengelilinginya. (Benny Lam)

6. Jadi hilang selera makan, yang ada malah mual

Rumah kandang dengan dapur dan toilet yang menyatu. (Benny Lam)

7. Keluarga jadi dekat dalam arti sebenarnya, ini duduknya benar-benar berdekatan

Anggota keluarga Li Chong ini—ayah dan anak laki-laki—adalah orang Jepang. Keduanya sangat tinggi, mereka merasa sulit untuk bergerak di dalam bilik kecil itu. (Benny Lam)

8. Masak di toilet, boker di dapur

Orang-orang di Hongkong kesulitan untuk mendapatkan rumah kecil dan sederhana bagi diri mereka sendiri. (Benny Lam)

9. Semoga Bapak ini masih bisa tidur nyenyak setelah lelah bekerja

Menurut Society for Community Organization, diperkirakan 200.000 penduduk Hong Kong tinggal di perumahan yang tidak memadai. (Benny Lam)

Bagaimana perasaan kamu setelah melihat foto-foto tadi? Masih banyak orang lain yang kehidupannya tidak layak, setidaknya kita masih bisa bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini.

Sumber : National Geographic Indonesia

Penulis lepas, entrepreneur, seorang penikmat kopi dan penyuka senja. Vice Director of Inspira Media.







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *