Wah, Ternyata Misteri Peradaban Tertua di Dunia itu ada di Indonesia

Indonesia menyimpan banyak misteri, termasuk juga misteri peradabannya




Indonesia adalah Negara kepulauan dan dikelilingi oleh lautan. Ada banyak suku, bangsa, bahasa dan kebudayaan di Negara ini, jadi tidak usah heran jika kita juga memiliki banyak sekali misteri yang belum dapat terpecahkan hingga saat ini termasuk misteri peradaban. Ternyata ada misteri yang telah terpecahkan yaitu misteri tentang peradaban tertua di dunia yang ada di Indonesia, apa saja?

1. Misteri Bahtera Nabi Nuh Berasal Dari Kayu Jati Pulau Jawa Purba

Hasil kerjasama penilitian yang dimulai pada tahun 1949 dan dilakukan para ahli Arkeolog-Antropologi dari dua negara China-Turki menyatakan bahwa kayu yang digunakan oleh Nabi Nuh dalam membangun bahtera atau kapalnya saat itu yang kini menjadi misteri peradaban dunia adalah berbahan dari kayu jati purba yang berasal dari pulau Jawa. Penelitian yang melibatkan 15 orang para ahli Arkeolog-Antropologi dari kedua negara tersebut membuktikan dengan melakukan riset dan uji terhadap ratusan fosil kayu purba dari berbagai negara .

Hasil Laboratorium Noah Arks Miniesteries International (China-Turki) mengemukakan hasil yang mengejutkan setelah melakukan riset panjang terhadap kapal Nabi Nuh tersebut dengan mengumpulkan artefak, fosil-fosil kayu, serta serpihan yang terdapat pada kapal tersebut dan meyakinkan bahwa sampel kayu yang ada pada kapal Nabi Nuh 100% sama dengan kayu jati purba yang berada di Jawa Timur serta Jawa Tengah.

2. Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Indonesia

Satu lagi temuan bersejarah yang amat mencengangkan dunia adalah temuan Gunung Padang yang berbentuk Piramida yang berlokasi di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang yang ada di Indonesia tersebut dinyatakan oleh para pakar arkeolog purba bahwa Gunung Padang adalah temuan Piramida tertua yang dibangun sekitar 20 ribu tahun yang lalu, sehingga melewati usia Piramida di Mesir yang baru berusia 5 ribu tahun.

3. Lukisan Gua Berusia 40.000 tahun, Sulawesi

Lagi-lagi Indonesia mengukuhkan dirinya sebagai negara yang kaya akan peradaban, budaya, serta beragam adat. Baru-baru ini telah ditemukan hasil penilitian stensil lukisan tangan gua tertua di dunia yang berlokasi di Leang Timpuseng, lokasi Karst Maros, Sulawesi yang Usianya sekitar 39.900 tahun, temuan tersebut mengalahkan usia gambar tangan di El Castillo, Spanyol, yang berumur sekitar 37. 300 tahun.

4. Misteri Peradaban Atlantis

Salah satu peradaban paling kontroversial Atlantis yang hingga kini masih menjadi misteri peradaban dunia mulai terkuak, Indonesia adalah lokasi yang menjadi hilangnya benua yang jadi legenda tersebut. Lokasi semenanjung Melayu, termasuk juga Sumatera, Jawa, serta Kalimantan dulunya adalah satu benua besar yang dimaksud Sundaland.

5. Candi Borobudur

Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang letaknya sebelah selatan + 15 km sebelah selatan kota Magelang, dataran Kedu yang berbukit hampir seluruhnya di kelilingi pegunungan, pegunungan yang mengelilingi Candi Borobudur diantaranya di sebelah timur terdapat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi Barat, Laut Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Banyak penelitian yang dilakukan terhadap Candi Borobudur ini namun tidak satu literatur yang dapat memastikan kapan Candi Borobudur itu didirikan, namun para ahli memperkirakan dari tulisan yang dipahat di atas pigura relief kaki asli Candi Borobudur (Karwa Wibhangga) menunjukan huruf sejenis dengan yang didapatkan dari prasati di akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9, lalu di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur didirikan sekitar tahun 800 M.

6. Perahu Tertua Zaman Mataram Hindu Abad ke-7

Perahu peninggalan bersejarah ini ditemukan pada hari Sabtu tanggal 26 Juli 2008, waktu pagi hari sekitar pukul 7:30 pagi oleh beberapa penduduk di desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Jawa Tengah yang saat itu sedang membuat tambak garam, dari hasil penelitian perahu ini diduga berasal dari abad 7-8 dan dianggap perahu tertua yang pernah ada dalam sejarah peninggalan purbakala Indonesia.

Penemuan bersejarah tersebut akhirnya dinamakan Situs Kapal Punjulharjo, tim Balai Arkeolog Jogjakarta bersama dengan peneliti dari Perancis Prof. Pierre Y. mengungkapkan bahwa penemuan tersebut adalah perahu yang terlengkap di Asia Tenggara mengingat bahwa kondisi lambung kapal yang masih utuh, serta dapat dikatakan sebagai situs kapal bersejarah yang tertua di Indonesia.

Itulah tadi beberapa peradaban tertua di dunia yang ternyata ada di Indonesia. Kita patut berbangga menjadi Warga Negara Indonesia, selain sebagai negara yang berdaulat juga memiliki kebudayaan dan juga sejarah yang luar biasa.

Reference:
https://www.instagram.com/wrongarea/
https://kevinroctavian.wordpress.com

Berkomitmen, unik dan menyukai perubahan.
Instagram: nelisatriyono
Twitter: @muneeelisa







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *