Walaupun Merupakan Aplikasi Wajib, Namun Fitur-fitur WA ini Belum Banyak Diketahui Orang

Your Best Online Partner

Siapa tidak tau Whatsapp (WA), aplikasi olah pesan yang wajib dimiliki oleh siapapun para pengguna smartphone ini telah diundur lebih dari 1 miliar pengguna. Sebuah angka yang sangat fantastis, bahkan aplikasi ini telah dinobatkan sebagai aplikasi olah pesan atau chatting terpopuler saat ini.

Walaupun aplikasi ini termasuk aplikasi wajib yang kita semua harus miliki, namun ternyata banyak yang belum mengetahui fitur-fitur rahasia dalam WA. Agar dikatakan kekinian, ada baiknya kita cari tau apa aja fitur rahasia yang belum diketahui banyak orang itu, cekidooot.

1. Cara Menghilangkan Checklist Biru (Pesan Sudah Dibaca)

Checklist berwarna biru akan muncul sebagai tanda bahwa pesan sudah dibaca. Namun terkadang, ada orang yang tidak ingin orang lain tau bahwa pesannya sudah dibaca atau belum. Caranya cukup mudah guys, kamu cukup masuk ke Setting, kemudian Account lalu masuk ke opsi Privacy. Setelah itu pilih Read Receipts dan set menjadi Off. Cukup mudah bukan?

2. Sembunyikan Last Seen atau Terakhir Dilihat

WA juga memiliki fitur yang dapat menunjukkan kapan terakhir kali seorang pengguna online. Tapi, ada saatnya kita gak mau orang lain tau kapan terakhir kali kita online. Oke, begini caranya! Caranya cukup mudah kok, masuk ke Setting, kemudian pilih Privacy, setelah itu pilih antara My Contact atau Nobody untuk menentukan siapa yang bisa liat kapan kita Online terakhir kali di WA.

3. Memblokir Kontak

Nah fitur ini cocok buat kamu yang sakit ati karena suka di SPAM chat oleh orang lain, atau mungkin kamu sudah gak mau berhubungan ama seseorang, udah deh, langsung blok aja. Caranya? Mudah guys, pilih nama kontaknya atau nomor teleponnya, kemudian pilih Block this Contact. Selanjutnya? Udah beres kok guys, gitu doank.

4. Beri Bintang Pada Pesan (Pesan Berbintang)

Fitur satu ini berguna buat nandain informasi-informasi yang kamu anggap penting. Caranya lagi-lagi mudah kok, tekan lama pada sebuah chat hingga muncul kotak dialog, setelah itu pilih tanda Bintang, dan untuk melihat pesan yang udah diberi tanda bintang, cukup liat dari menu Setting kemudian pilih Starred Messages.

5. Format Pesan

Mungkin kamu belum tau kalo kamu bisa membuat format tulisan yang berbeda di WA. Ada 3 format yang biasa dipakai di WA, antara lain huruf tebal, huruf miring, dan huruf yang telah dicoret. Caranya bagaimana?

Agar sebuah huruf / kata menjadi tebal atau bold, gunakan tanda bintang di awal dan akhir huruf / kata tersebut, contohnya *kata*.

Agar sebuah huruf / kata menjadi miring, gunakan tanda garis bawah atau (_) pada awal dan akhir sebuah kata, contohnya _kata_.

Agar sebuah huruf / kata mengandung sebuah coretan, maka gunakan tanda (~) di awal dan akhir sebuah kata, contohnya ~kata~.

6. Mute Obrolan

Mungkin kita sangat terganggu dengan suara notifikasi pada smartphone yang kita gunakan akibat banyaknya pesan yang masuk melalui WA dari banyak orang ataupun banyak group. Jangan khawatir, ada solusinya, yaitu mute obrolan. Caranya cukup mudah, buka chat kemudian pilih menu dan setelah itu pilih opsi mute dan pilih berapa lama waktu mutenya, bisa sehari, seminggu bahkan setahun

Semoga Bermanfaat!

Apapun hasilnya nanti, yang penting ikhtiar aja dulu