3 Langkah Optimal Menggunakan LinkedIn guna Kemajuan Karir Anda


CHIANG MAI, THAILAND - May.01,2019: Man holding Xiaomi Mi Mix 3 mobile phone with Linkedin application on the screen. Linkedin is a business and employment oriented social networking service.

Seorang pemasar mempunyai tugas dalam memproduksi sejumlah konten yang bermanfaat kepada pembaca, membina relasi dengan sejumlah media dan mampu dalam bekerjasama dengan pihak luar dalam alternatif penyebaran konten.

Salah satu platform media sosial yang dapat membantu semua itu ialah LinkedIn. Selama 9 bulan belakangan ini, LinkedIn dinobatkan sebagai salah satu media terbaik dalam membagikan sejumlah konten baru, terhubung dengan orang lain, bekerjasama dengan orang lain dan sebagainya.

Di tulisan ini, saya berkesempatan membagikan 3 strategi terbaik memakai LinkedIn guna mendukung kelancaran karir Anda, diantaranya :

1. Membuat Profil LinkedIn yang Lengkap dan Menarik

Profil ialah hal vital yang akan diperhatikan orang lain ketika mencari nama anda di LinkedIn. Sebenarnya ada banyak sekali yang dapat saya dan anda lakukan untuk mengoptimalkan profil di LinkedIn. Dan inilah beberapa alternatif yang menurut saya sangat penting, yaitu :

  • Foto Profil

Selalu gunakan foto profile yang profesional disebabkan LinkedIn merupakan platform media sosial profesional. Foto profil LinkedIn yang baik wajib fokus ke diri anda dan gambar background atau kelompok. Tampilan foto profil kita harus beresolusi baik, jelas dan mampu mempermudah orang lain dalam mengenali kita. Sebaiknya jangan sampai menggunakan foto selfie.

2. Membangun Relasi yang Baik

  • Menemukan Orang yang Tepat

#1. Pertama, kita bisa punya relasi dengan orang-orang yang punya peran dan ketertarikan yang sama dengan kita. Karena saya seorang tenaga pemasar, maka saya harus terhubung dengan tenaga pemasar lain yang lebih hebat, sehingga saya bisa belajar dan bertukar pikiran dengan mereka.

#2. Kedua, anda juga dapat punya relasi dengan orang-orang yang akan mendukung perjalanan karir. Misalnya, seandainya Anda ialah seorang blogger dengan topik teknologi, usahakanlah untuk terhubung dengan semua blogger teknologi yang sudah lebih terkenal, atau terhubung dengan editor teknologi di media-media besar.

  • Kirim Pesan Perkenalan Diri yang Personal

Sebelum mengirim undangan agar terkoneksi di LinkedIn, usahakan untuk perkenalkan diri terlebih dahulu. LinkedIn mempunyai fitur dimana saya dan anda bisa mengirimkan pesan pendek ketika akan mengirimkan undangan ke orang lain agar terkoneksi.

Namun kita harus ingat bahwa LinkedIn memberi batas jumlah karakter yang dapat dikirimkan pada tahap perkenalan ini, yakni sebesar 300 karakter.  Jadi, pastikan kita menggunakan pesan yang singkat, padat, dan jelas. Selain itu, kita dapat memulai perkenalan dengan menyebutkan nama, tempat bekerja, bagaimana kita dapat mengetahui mereka dan apa tujuan kita terkoneksi dengan mereka.

3. Membuat Konten yang Bagus di Linkedin

Strategi terakhir yang sangat signifikan adalah membuat konten yang bermanfaat untuk orang-orang yang sudah terhubung dengan kita. Dengan memuat konten yang bagus di LinkedIn, maka orang lain bakal terdorong untuk menyenangi dan memberikan komentar. Konten di LinkedIn yang anda share bakalan semakin banyak yang melihat bila ada likes dan komentar, dan pada akhirnya tidak sedikit orang yang akan memperhatikan konten dan profil kita.

Itulah pembahasan mengenai 3 Langkah Optimal Menggunakan LinkedIn guna Kemajuan Karir Anda. Semoga bermanfaat ya J.


Like it? Share with your friends!

Bamz

Idola

Penulis lepas yang doyan begadang dan berdagang. Young entrepreneur yang suka tantangan dan gak suka berdebat