stats online

7 Tips Berjualan di Sosial Media yang Optimal


112
66 shares, 112 points

Berjualan di sosial media bukanlah faktor baru lagi sekarang ini. Rata-rata semua pebisnis telah memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi, baik untuk kebutuhan Branding ataupun penjualan. Tidak sedikit jutawan ataupun miliarder yang berhasil berbisnis menggunakan sosial media. Mereka yang berhasil menjalankan bisnis di internet berasal dari semua usia. Bahkan tidak sedikit sekali kalangan muda yang telah menjadi pengusaha sukses dengan berjualan di sosial media.

Kira-kira apa saja yang dapat membuat seseorang berhasil berjualan di sosial media, mari baca tipsnya:

1. Menentukan Target Market Potensial

Sebaiknya Anda berjualan di sosial media dengan mengincar target market potensial dan cocok dengan niche Anda supaya lebih banyak pemakai sosial media tertarik dengan tawaran produk Anda. Biasanya teknik termudah dalam berjualan pada target market potensial ialah dengan mengindikasikan produk yang spesifik kepada komunitas tertentu, contohnya anak muda, perempuan, atau ibu-ibu.

Buatlah group di Facebook, WA, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya dengan mengusung tema khusus. Misalnya group “Grosir baju impor murah”, “Sepatu Futsal”, “Busana Muslimah”, dan beda sebagainya. Group yang mengusung topik eksklusif lebih gampang diterima oleh masyarakat bila cocok dengan minat mereka. Mereka itulah yang nantinya menjadi target market potensial Anda dalam jangka panjang.

2. Membuat Status yang Menarik

Status yang unik akan membuat orang memberikan LIKE atau SHARE kepada. Salah satu teknik menarik perhatian ialah dengan menciptakan status yang sedang hangat dibicarakan. Sampaikan dengan teknik yang baik dan berisi. Namun jangan sampai menggunakan status yang berisi SARA, sebab hal ini dapat menghacurkan bisnis Anda dengan cepat. Buatlah status-status yang dapat berpotensi viral khususnya yang relevan kaitannya dengan produk Anda.

3. Menggunakan Hashtag Pada Setiap Postingan

Selalu pakai hashtag pada artikel di media sosial (khususnya Twitter dan Instagram) guna membuat orang-orang mudah melakukan pencarian produk di Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Hashtag dapat Anda tambahkan di bagian bawah postingan di Instagram, Facebook, dan Twitter.

4. Update Foto Profil Secara Berkala

Cara berjualan di sosial media berikutnya ialah dengan mengupdate foto profil secara teratur dimana update tersebut nantinya bakal terlihat di timeline teman-teman di sosmed.  Bila pemakai media sosial melihat update dari akun Anda secara rutin, bisa jadi akan banyak orang yang penasaran dan membuka akun sosmed Anda.

Mereka yang melihat-lihat akun sosmed Anda dapat menjadi calon konsumen, terlebih jika mereka tertarik dengan postingan Anda. Bila Anda aktif memakai Instagram dan Facebook untuk promosi, maka sangat dianjurkan untuk memposting tayangan live, sebab hal ini adalahsalah satu teknik menarik perhatian orang lain.

5. Merespon Pelanggan Secepat Mungkin

Sangat dianjurkan memberikan respon secepat mungkin untuk para pelanggan Anda guna mencegah para pembeli batal melakukan pembelian produk. Walaupun tidak sedikit calon konsumen yang hanya bertanya saja, Anda tetap wajib memberikan respon. Faktanya, mayoritas pembeli yang tidak sabar memilih untuk mencari online shop lain seandainya penjualnya tidak segera menjawab pertanyaan.

6. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Para Pelanggan

Anda dapat membangun komunikasi yang baik dengan semua pelanggan via kontak WA, maupun DM instagram. Berkomunikasilah dengan semua konsumen secara rutin dan baik. Salah satu metodenya misalnya dengan membalas pertanyaan, menanyakan apakah barang sudah sampai, dan meminta testimoni. Ingatlah mereka ketika Anda hendak update barang-barang melalui Line, biarkan mereka melihat produk-produk terbaru Anda via sosmed.

7. Jangan Takut Dengan Persaingan

Banyak orang yang gulung tikar saat berjualan online bukan karna tidak laku, melainkan karna  minder dengan semua pesaingnya. Minder ialah sifat yang tidak boleh dipunyai oleh semua pebisnis, sebab ketika Anda minder maka Anda telah kalah sebelum bertanding.

Anda dapat menawarkan sekian banyak  macam produk untuk para pelanggan dengan rasa percaya diri yang tinggi bahwa produk Anda bermanfaat untuk mereka. Faktanya, tidak sedikit pembeli merasa nyaman dengan semua penjual yang mempunyai sikap ramah dan mempunyai jiwa melayani pembeli dengan baik. Kelebihan itulah yang dapat Anda kedepankan guna menghadapi persaingan.

Itulah pembahasan mengenai 7 Tips Berjualan di Sosial Media yang Optimal. Semoga bermanfaat ya.


Like it? Share with your friends!

112
66 shares, 112 points
Bamz

Idola

Penulis lepas yang doyan begadang dan berdagang. Young entrepreneur yang suka tantangan dan gak suka berdebat