Ivan Prima si Kolektor Gundam asal Lombok Ikut Meramaikan Hobicon 2023


0

Siapa tidak tau Gundam? Tokoh robot anime asal Jepang yang nge-trend di masanya. Anak-anak millennials tentu tau tentang sosok keren ini. Kabarnya filmnya tidak hanya digemari saat itu, karakter-karakter mainan berbentuk robot pun banyak menjadi koleksi, salah satunya adalah oleh Ivan Prima.

Kolektor Gundam asal Lombok ini mengaku terinspirasi dari tayangan TV Gundam Wings pada tahun 2000an, dan menjadikannya sebagai tontonan wajib di hari Minggu, terutama tokoh utamanya yaitu  Heero Yui, dengan karakteristik singlet hijaunya yang saat kecil selalu dipakai agar terlihat keren.

Bermula dari tayangan TV itulah akhirnya Ivan Prima berniat untuk mengoleksi mainan Gundam yang dikeluarkan bandai dalam bentuk Model Kit (Mokit) yang artinya mainan Gundam tersebut harus dirakit agar mendapatkan bentuk sempurna. “Di Jaman SMA ingin sekali membeli mokit-mokit tersebut namun urung karena masih terbilang mahal dikantong anak sekolahan.” Aku Ivan.

Setelah memasuki fase kerja dan hidup berumah tangga, barulah Ivan mulai menyicil “hutang” masa kecilnya itu. Tahun 2017 mokit pertama yang dibeli tentu saja HG Wings Gundam Wing Zero Custom Gundam milik Heero Yui yang sudah dinantikan sejak jaman SMA.

Apalagi ketika Gundam sudah terakit sempurna , mokit tersebut mampu membawa kenangan masa kecil yang dirindukan. Kemudian yang awalnya mengoleksi seri HG (High Grade), kemudian Ivan mencoba RG (Real Grade), kemudian MG (Master Grade) dan akhirnya ke PG (Perfect Grade) dengan tingkat kesulitan tertinggi dalam perakitan.

Bicara soal tantangan dalam merakit gundam, Ivan mengaku tantangan utamanya adalah tingkat kesulitan dan waktu. Pada dasarnya merakit Gundam adalah hobby, namun perlu diingat bahwa ada kegiatan keseharian dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan.

Namun hal tersebut juga menjadi tantangan untuk mengatur dan menata waktu dan juga pengeluaran. Hal tersebut sudah tentu hal tersebut akan menghindarkan kita dari hal-hal negatif, karena di rumah sudah ada hobby yang menunggu untuk diselesaikan.

Saat ini Ivan tidak hanya sebagai kolektor Gundam, ia mendirikan toko kecil bersama istrinya yang diberi nama Mataram Gundam. Sebuah toko yang menjual Gundam-Gundam dan juga Action Figure.

Di penghujung tahun 2023, Ivan gabung dengan event Hobicon 2023, sebuah event yang mewadahi para pecinta hobi dan juga komunitas kreatif khususnya yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Event Hobicon sendiri akan berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 29-30 Desember 2023 di Transmart Mataram.

 


Like it? Share with your friends!

0
Caper Event

Membahas tentang event-event menarik yang akan menyita perhatian para pembaca Caper.ID.