stats online

Kelebihan dan Kekurangan Rapid Test Covid-19


Selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 atau dengan bahasa keren biasa disebut Covid-19 kita mungkin sering mendengar sebutan Rapid Test. Ya, ini sering digunakan untuk melakukan pengecekan apakah seseorang berpotensi mengidap Covid-19 atau tidak. Rapid test sudah sering dilakukan termasuk di Indonesia, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun tau tidak kalau ternyata Rapid Test Covid-19 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi.

Kelebihan Rapid Test COVID-19

Pemeriksaan rapid test untuk skrining COVID-19 mempunyai sejumlah kelebihan berikut ini.

  1. Lebih hemat waktu

Pemeriksaan menggunakan rapid test Covid-19 diyakini lebih menghemat waktu, bayangkan saja setiap pemeriksaan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk mendapatkan hasilnya. Bahkan beberapa kasus 10 hingga 15 menit sudah kelihatan hasilnya, dibandingkan dengan pemeriksaan yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yaitu menggunakan PCR dan identifikasi urutan nukleotida (asam-ribonukleotida) virus COVID-19 yang bisa memakan waktu berjam-jam bahkan hingga berhari-hari baru hasilnya keluar.

Namun, kasus yang berbeda apabila kapasitas laboratorium yang dipakai untuk memeriksa sampel telah full, baik rapid test maupun PCR akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasilnya.

  1. Hanya perlu peralatan sederhana

Dari segi peralatan, pemeriksaan Rapid Test COvid-19 hanya memerlukan peralatan yang simpel, tidak perlu peralatan yang banyak dan ribet. Rapid test lebih mudah untuk dijalankan dan hanya memerlukan training singkat. Pemakaiannya tidak membutuhkan fasilitas laboratorium yang canggih dan bisa cepat diperoleh hasilnya untuk mengetahui keadaan seseorang yang kemungkinan terkena COVID-19 atau tidak.

  1. Jenis sampel yang diambil sangat sederhana

Langkah yang diambil dalam pemeriksaan menggunakan rapid test ini jauh lebih mudah dibanding lainnya. Salah satu kelebihan rapid test Covid-19 ialah dari segi jenis pengambilan sampel yang sederhana. Tes ini hanya memerlukan sedikit darah dari ujung jari yang sama baiknya dengan darah dari vena.

  1. Kemampuan dalam mendeteksi antibodi

Kelebihan dari pemeriksaan rapid test COVID-19 selanjutnya ialah kemampuannya dalam mendeteksi antibodi IgG dan IgM terhadap carrier SARS-CoV-2 yang asimtomatis, sehingga bisa dipakai untuk mengatur penyebaran COVID-19.

  1. Harga lebih terjangkau

Dari segi harga pun rapid test lebih terjangkau daripada dengan biaya PCR. Di toko online, alat rapid test jenis antibodi dijual sekitar Rp 300.000 per unit. Hal ini berbeda dengan PCR yang biayanya sampai menyentuh angka jutaan. Namun, saat ini penjualan alat rapid test secara online sudah dilarang.

Kekurangan Rapid Test COVID-19

Selain kelebihan, ada satu kekurangan dari pemeriksaan rapid test COVID-19. Hal ini ialah bahwa pemeriksaan ini tidak bisa mengkonfirmasi keberadaan virus SARS-CoV-2, tapi hanya bisa menyediakan info adanya reaksi imunitas pada infeksi.

Hal ini karena virus corona menyerupai virus lainnya, sehingga pemeriksaan rapid test untuk skrining COVID-19 ini masih sering memungkinkan hasil yang negatif palsu dan positif palsu. Adapun faktor dari keluarnya hasil negatif palsu ialah berikut ini.

  1. Konsentrasi antibodi yang rendah, sehingga bila level IgG dan IgM di bawah batas deteksi dari rapid test, maka akan mengeluarkan hasil yang negatif.
  2. Terdapat perbedaan respon imun setiap individu dalam produksi antibodi, contohnya pada pasien immunocompromised yang mempunyai gangguan pembentukan antibodi.
  3. Antibodi IgM akan menurun kadarnya atau bahkan musnah usai 2 minggu.

Adapun di bawah ini merupakan faktor dari keluarnya hasil positif palsu.

  1. Terdapat kemungkinan reaksi silang atau cross reactive dengan jenis virus corona lainnya
  2. Infeksi lampau dengan jenis virus corona selain virus SARS-CoV-2

Apabila dilihat dari ulasan kelebihan dan kekurangan rapid test Covid-19 di atas. Jumlah kelebihan dari pemeriksaan ini masih lebih banyak dan masih bisa dipakai untuk melakukan tes pasien. Tenang saja, Halodoc sudah menyediakan sarana pemeriksaan rapid test Covid-19 secara online.

Melalui Halodoc, pasien juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan kesehatan tentang virus covid-19 dalam jajaran artikelnya. Halodoc juga menyediakan fasilitas untuk konsultasi pada dokter ahli, beli obat, cari dokter, dan lainnya. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan kesehatan di Halodoc agar kesehatan tubuh tetap terjaga.


Like it? Share with your friends!

Caper Social & Lifestyle
Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.