stats online

Pentingnya Kontrol Emosi dalam Trading Saham


111
65 shares, 111 points

Menjadi seorang trader memang membutuhkan pengetahuan khusus, baik itu berupa analisa tentang perkembangan ekonomi maupun tentang pergerakan grafik dalam platform trading saham. Pengetahuan tersebut bisa didapatkan melalui banyak referensi berupa buku, bulletin, e-book, artikel ataupun tutorial di internet dan lain sebagainya. Pengetahuan tentang ilmu investasi khususnya trading saham bisa didapatkan dan dipelajari dengan mudah saat ini.

Namun demikian, ada yang lebih penting dibandingkan dengan pengetahuan tentang dunia trading saham tersebut. Hal tersebut adalah kemampuan seorang trader dalam mengontrol emosinya dalam trading saham. Mengapa demikian? Alasannya sederhana, karena trading saham ini melibatkan uang dan berhubungan dengan penghasilan seseorang, maka emosi akan sangat mudah terpengaruh.

Setiap orang yang terjun dalam dunia trading khususnya saham biasanya akan sangat mudah menjadi bahagia dan akan sangat mudah pula menjadi stress bahkan depresi. Kemampuan dalam kontrol emosi ini akan menjadi kunci utama bagaimana anda dapat mengendalikan uang anda di dunia trading saham. Perlu diingat, emosi yang tak terkontrol akan menjadi kunci kehancuran anda di bisnis ini. Kontrol emosi saat melakukan trading memang membutuhkan latihan khusus, karena akan sangat sulit untuk dapat mengatur detak jantung, ataupun mengatur keringat yang mengucur saat anda akan mengambil posisi dalam trading saham untuk pertama kali.

Sebelum memutuskan untuk terjun ke trading saham, ada baiknya anda mempelajari seluk-beluk trading saham dari berbagai referensi yang ada. Salah satunya yaitu di tradingot.com, sebuah website yang mengulas tentang belajar trading. Dalam website tersebut anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai trading saham menggunakan platform, salah satu platform trading terbesar di dunia saat ini.

Dalam dunia trader, dibutuhkan strategi yang matang agar anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Strategi tersebut bisa didapatkan melalui banyak referensi dan juga melalui pengalaman. Pengalaman tersebut juga dapat membantu anda dalam mengontrol emosi. Pengalaman yang dimaksud adalah melalui percobaan melakukan trading menggunakan modal yang minim.

Proses trading menggunakan modal minim ini akan melatih pengetahuan, strategi serta emosi anda sekaligus menjadi tolak ukur apakah anda cocok atau tidak dalam dunia trading saham. Dalam proses trading, biasanya seorang trader pemula akan terpompa adrenalinnya, dan disinilah emosi akan terpacu dan menentukan siapa anda, apakah seorang trader penakut, ataukah trader ceroboh yang hanya menggunakan emosi sebagai referensi utama. Trader penakut maksudnya adalah seseorang akan memutuskan untuk menyerah lalu berhenti menjadi trader apabila mengalami loss dalam pengalaman pertama melakukan trading. Sedangkan maksud dari trader ceroboh yaitu seseorang yang melakukan tindakan dalam trading saham hanya berdasarkan insting tanpa didasari pengetahuan atau hasil analisa.

Biasanya trader professional memiliki tingkat emosi yang stabil. Mereka akan dengan sabar menunggu, mempelajari serta menganalisa setiap pergerakan yang ada. Mereka juga mampu menempatkan dana yang sesuai dengan tingkat resiko yang akan diraih.

Saran bagi anda yang ingin terjun ke dunai trading saham adalah dengan meningkatkan pengetahuan mengenai seluk-beluk trading saham, salah satunya melalui situs www.tradingot.com yang fokus membahas tentang belajar trading bagi pemula. Kuasai terlebih dahulu tentang fitur-fitur platform trading sebelum memutuskan untuk menggunakan platform tersebut. Demikian artikel mengenai pentingnya kontrol emosi dalam trading saham bagi pemula. Semoga dapat menambah pengetahuan anda sebelum bertrading ria.


Like it? Share with your friends!

111
65 shares, 111 points
Caper Social & Lifestyle
Membahas tentang gaya hidup dan kehidupan sosial yang dikemas menggunakan bahasa yang menarik dan mudah dimengerti.