stats online

Hati-Hati!!! 7 Postingan di Media Sosial Ini Bisa Membuat Anda Dipecat


137
91 shares, 137 points

Apa benar ada konten di media sosial yang bisa membuat Anda dipecat dari pekerjaan? Tentu saja benar. Hal itu juga bisa membuat karir di kantor bakal berhenti atau tidak bakal berkembang. Bagi mayoritas pekerja, membuka media sosial ialah salah satu pilihan dalam bersantai di waktu istirahat dan bisa menjadi sarana hiburan. Dengan melihat kegiatan para pemakai media sosial, terkadang rasa penat dan stress menjadi terobati.

Namun, seringkali sejumlah karyawan memakai media sosial dengan tidak wajar dan menjadi masalah pada pekerjaannya. Bahkan tidak sedikit pekerja yang dipecat disebabkan postingannya di media sosial.

Nah, untuk Anda yang sering sekali berselancar di media sosial, mulai detik ini usahakan berhati-hati memposting dan berkomentar di medsos. Berikut ini ialah beberapa jenis konten di media sosial yang dapat membuat karyawan dipecat:

1. Sering Mengeluh Tentang Kebijakan Perusahaan

Semua perusahaan tentu memiliki kepandaian perusahaan dan kebiasaan kerja yang berbeda. Terkadang ada sejumlah kebijakan perusahaan yang tidak digemari oleh pekerjanya karena dirasakan mempersulit atau memberatkan karyawan.

Sering mengeluh tentang perusahaan di media sosial ialah tindakan yang dapat membahayakan karir seseorang. Mungkin Anda merasa aman melakukannya yang disebabkan tidak berteman di Facebook dengan bos atau teman kerja. Tapi barangkali seseorang yang kenal dengan Bos atau teman kerja Anda dapat melihat konten keluhan tersebut.

2. Memposting Hal Buruk Tentang Atasan

Setelah memposting keluhan tentang perusahaan, lalu si karyawan memposting sesuatu yang menjelek-jelekkan atasannya. Apakah Anda pernah menyaksikan hal ini di media sosial? Pasti pernah, dan ini bakalan terus terjadi. Menjelek-jelekkan atasan Anda di media sosial tidak akan mengubah Anda menjadi berkompeten di mata orang lain. Justru orang-orang bakal memandang Anda sebagai orang yang menyebalkan. Dan parahnya lagi, faktor ini dapat membuat anda dipecat dari kantor.

3. Meminta Informasi Lowongan Kerja di Media Sosial

Ok, barangkali saat ini Anda merasa tidak nyaman bekerja di kantor dan berencana pindah kerja. Atau Anda hendak mencari kerja yang gajinya lebih besar. Namun, ini bukan fakta yang bagus dalam memposting sesuatu yang meminta informasi lowongan kerja di media sosial.

Sebelum Anda resmi mengundurkan diri dari pekerjaan yang sekarang, usahakan tidak memposting soal informasi lowongan kerja. Hal ini akan membuat perusahaan berpendapat bahwa Anda tidak puas bekerja di kantor dan berkeinginan segera resign.

4. Memposting Rahasia Perusahaan

Ada hal-hal yang sifatnya rahasia dan tidak harus diketahui orang lain tentang tempat kerja Anda. Seorang profesional dapat memilah mana informasi yang layak diberikan ke publik dan mana yang tidak dipublikasikan.

Rahasia perusahaan bukanlah sesuatu yang pantas untuk dipublikasikan di media sosial karena dapat diliat oleh perusahaan kompetitor. Jadi, haram hukumnya memposting rahasia perusahaan di media sosial karena akan mengakibatkan Anda dipecat atau bahkan dituntut oleh perusahaan dimana Anda bekerja.

5. Memposting atau Komentar Hal Buruk

Bermain di media sosial memang mengasyikkan, bahkan dapat membuat orang memposting atau berkomentar dengan tidak pantas. Postingan atau komentar buruk dan tidak layak yang seringkali kita lihat di media sosial ialah hal-hal yang menyebut SARA, menghina pemerintah, memposting konten mesum, menghina orang lain, dan lain-lain.

Pihak HRD perusahaan bakal punya evaluasi buruk terhadap mereka yang tidak jarang memposting hal-hal buruk di media sosial. Mungkin surat peringatan menjadi hadiah terbaik yang akan Anda dapatkan, dan barangkali saja perusahaan memecat seseorang yang dianggap dapat merusak nama baik perusahaan.

6. Memposting Hal-Hal yang Vulgar

Tidak sedikit orang yang suka memposting hal-hal privasi ke media sosial. Misalnya foto saat tamasya, video perayaan ulang tahun, atau foto-foto ketika berkumpul dengan teman-teman. Sebenarnya kejadian tersebut wajar-wajar saja ketika tidak mengganggu orang lain. Namun, ada hal-hal yang tidak harus diunggah ke media sosial, contohnya foto-foto kemesraan dengan pasangan yang memang vulgar dan sifatnya pribadi.

7. Memposting Dengan Kata-Kata Kasar

Ketika anda mendengar atau membaca ucapan-ucapan kasar dari orang lain, tentu akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi bila ucapan-ucapan kasar itu diposting di media sosial, ini akan mengakibatkan perusahaan memberikan nilai minus pada Anda. Jika Anda pernah melakukannya, usahakan tidak diulang lagi karena faktor seperti itu akan merusak karir Anda.

Itulah pembahasan mengenai 7 Postingan di Media Sosial yang Membuat Anda Dipecat. Semoga bermanfaat ya


Like it? Share with your friends!

137
91 shares, 137 points
Bamz

Idola

Penulis lepas yang doyan begadang dan berdagang. Young entrepreneur yang suka tantangan dan gak suka berdebat