stats online

Format dan Ukuran Video Yang Optimal Untuk Upload di YouTube


127
81 shares, 127 points

Memang, ada banyak cara bagi setiap orang saat mereka mengupload video ke YouTube. Mulai dari tujuan untuk bersenang-senang, pekerjaan promosi produk, promosi bisnis, branding, bahkan dengan tujuan untuk menghasilkan uang dari iklan di video mereka. Apapun tujuan Anda mengupload video ke YouTube, ada hal terpenting yang tidak boleh dilupakan yaitu memperhatikan kualitas video.

Kualitas video yang Anda upload ke YouTube sangat dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran video yang anda buat. Sebenarnya ada sejumlah format dan ukuran video yang dapat Anda buat, tetapi bila Anda mengupload video ke YouTube maka anda harus memahami dan membuat ukuran video terbaik yang akan anda unggah.

Lalu, bagaimana bentuk dan ukuran video terbaik untuk diupload ke YouTube? Berikut ini pembahasan singkatnya:

Rekomendasi Format dan Ukuran Video Terbaik  di Youtube

Kalau anda perhatikan, banyak sekali video yang terdapat di internet sekarang ini dibuat dengan bentuk MP4, MP3, MKV, dan 3GP. Sayangnya, tidak semua bentuk video tersebut dapat diupload ke YouTube disebabkan tidak support. Jika Anda mengupayakan untuk upload video yang tidak support di YouTube, maka bakalan ada notifikasi bahwa bentuk file tersebut tidak valid.

Format Video Terbaik di YouTube

Berdasarkan penjelasan dari Google, terdapat 9 bentuk video yang didukung oleh YouTube sekarang ini. Diantaranya : MOV, MPEG4, MP4, AVI, WMV, MPEGPS, FLV, 3GP dan WEBM. Dari kesembilan bentuk video tersebut, bentuk video yang direkomendasikan ialah MP4 dan Mpeg4.

Bila video Anda dibuat dalam bentuk lain, maka sangat dianjurkan untuk mengubahkan ke bentuk yang telah diajarkan di atas. Ada banyak software gratis dan berbayar dalam mengedit bentuk video Anda, contohnya Windows Movie Maker, Filmora, Corel Video Studio, dan lain-lain.

Ukuran Video Terbaik di Youtube

Seperti yang sudah diajarkan sebelumnya, ukuran video sangat dominan pada kualitas  tampilan video di YouTube. Jika ukuran video Anda lumayan besar, maka kualitas tampilan di sisi pemirsa akan tampak bagus. Sebagai informasi, sekarang ini YouTube memakai aspek rasio 16:9. Jika Anda mengharapkan hasil terbaik pada video yang diupload, maka Anda mesti upload video dengan resolusi 16:9.

Ukuran video terbaik tersebut diantaranya:

  • 240pixel: 426×240 (16:9)
  • 360pixel: 640×360 (16:9)
  • 480pixel: 854×480 (16:9)
  • 720pixel: 1280×720 (16:9)
  • 1080pixel: 1920×1080 (16:9)
  • 1440pixel (2k): 2560×1440 (16:9)
  • 2160pixel (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus memakai ukuran video Youtube seperti yang dianjurkan di atas? Jika anda mengupload video dengan resolusi yang berbeda, maka tampilan video di YouTube tidak bakal full dan tidak cukup menarik. Jadi, bila ingin tampilan video Anda tampak sempurna di YouTube, pastikan Anda membuat video dengan ukuran yang sesuai.

Tingkatkan Kualitas Video di Youtube

Ada aspek penyokong lain yang dapat Anda kerjakan bila berkeinginan meningkatkan kualitas video yang bakal diupload ke YouTube. Khusus untuk Anda yang menggemari video dengan resolusi tinggi, silahkan baca tulisan mengenai Recommended Encode Settings dari Google berikut:

  • Pilih resolusi dengan kualitas High Definition (HD), paling tidak 1080pixel
  • Pengaturan Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
  • Pengaturan Video Codec: H264
  • Gunakan Frame Rates sesuai dengan video asli, supaya hasilnya tidak rusak
  • Simpan file video dengan bentuk yang direkomendasikan

Demikianlah pembahasan singkat mengenai format dan ukuran video terbaik untuk upload ke YouTube yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

127
81 shares, 127 points
Adi Senjaya

Penulis

Petualang yang suka Keindahan dan Pekerja Keras demi Masa Depan